Dinas Damkar Evakuasi Ular di Kandang Ternak Warga Desa Labuan Tabu

Petugas Damkar Banjar berhasil menangkap ular phyton/sanca batik berukuran ± 2 meter, di Berkat Mulia Resident, Desa Labuan Tabu, Kecamatan Martapura, Rabu (25/9/2024) pagi.



Getsya Ajizah mengatakan saat itu sedang sarapan bersama keluarga di ruang keluarga rumahnya. Namun Bapak selesai duluan kemudian mau memberi pakan ke ternak. Barulah di ketahui ular sudah memangsa ternak milik bapak nya.

"Saat saya mendengar suara teriakan Bapak saya, kemudian memeriksa. Saat mengetahui ada ular langsung saja melapor ke Petugas Dinas Damkar," tutur Ajizah

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab. Banjar M. Kasyaf R mengatakan, info masuk sekitar pukul 7.58 Wita

"Saat itu, infonya ada ular berukuran ± 2 meter berada disekitar kandang ternak peliharaan warga," ujar Kasyaf

Dikatakannya, Tim Damkar Banjar langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penangkapan. Berbekal alat dan kemampuan penyelamatan hewan.

"Kami berhasil menangkap ular sanca batik, selesai penanganan pukul 8.32 wita. Saat kejadian, ular  sudah memakan ternak warga, disaat berada di tempat kejadian, subuh sudah ada suara gaduh tutur Ajizah namun tidak curiga ular memangsa ternak milik Bapaknya," tutur dia.

Setelah ular berhasil diamankan dan nantinya dilepaskan liarkan jauh dari permukiman, tambahnya, petugas memberikan edukasi kepada warga di lokasi agar terhindar dari bahaya ular. (BRIGADE/DPKP/PLETON1/SAY17)


Komentar