Kurangi Daerah Rawan Pangan, Kaka Mapan Manis Koordinasi di Desa Sungai Batang

MARTAPURA, InfoPublik Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar menggelar pertemuan koordinasi Kampung Kami Mandiri Pangan (KAKA MAPAN) Maju, Mandiri, Agamis (MANIS) di Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat, Senin (23/9/2024).

 

Kegiatan berlangsung di rumah ketua Gapoktan Usaha Bersama Desa Sungai Batang dan sekaligus menyerahkan hewan ternak kambing gibas kepada Gapoktan Usaha Bersama. Duhadiri Kepala Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Martapura Barat, Pembakal Sungai Batang, Pengurus dan Anggota Gapoktan Usaha Bersama Desa Sungai Batang. 

 

Kepala DKPP Banjar Sipliansyah menyampaikan salah satu upaya Pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab Banjar untuk mengurangi jumlah daerah rawan pangan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat.

 

melalui Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKPP Banjar mempunyai kegiatan intervensi terhadap KAKA MAPAN yang bertujuan untuk mengapresiasi serta memberikan dukungan kepada desa yang termasuk dalam kategori desa mandiri pangan yang mana merupakan desa yang mampu untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan,” jelasnya.

 

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan kepada Gapoktan Usaha Bersama Desa Sungai Batang Kecamatan Martapura Barat berupa hewan ternak kambing gibas.

 

Lanjut Sipliansyah, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Sungai Batang ini merupakan salah satu perhatian dari Pemerintah Daerah kepada desa - desa yang termasuk dalam zona hijau atau zona aman mandiri pangan, dengan ada nya bantuan diharapkan akan semakin memajukan perekonomian kelompok maupun masyarakat sehingga menjadi lebih baik. (nd-dkpp)


Komentar