Dinas Damkar Banjar Evakuasi Sarang Lebah dan Tawon di dua Tempat Berbeda

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar mengevakuasi 1 sarang Lebah dan 1 sarang Tawon di dua tempat berbeda dalam sehari ini.

Pertama Lebah Madu diamankan di Melayu Tengah RT.1 NO.46 Desa Melayu Tengah Kecamatan Martapura Timur, Minggu (22/9/ 2024) pukul 9.28 wita. 

Lebah madu yang berada di plafon rumah itu awalnya diketahui awalnya banyak berkeliaran lebah dan diketahuilah berada di plafon.

"saya setelah mengetahui ada sarang Lebah, langsung saja melapor ke Dinas Damkar Kab Banjar," ujar Aulia Rahman.

Untuk informasi kedua Tawon Vespa berada di Jalan Simpang Tiga Gang Melati RT.3 RW.3 Indrasari, Martapura, pukul 20.06 wita. Tawon berada di atas pohon depan rumah Helmi dan sarang sudah cukup besar.

Kabid Pemadaman Penyelamatan dan Sapras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kab. Banjar M. Kasyaf R mengatakan hari ini laporan aduan masyarakat tentang penanganan ada dua, pertama Lebah Madu dan Tawon Vespa," ujar Kasyaf.

Pembasmian dilakukan dengan cara di bakar kemudian baru penghancuran sarang agar Lebah atau Tawon kembali bersarang. Setelah berhasil dievakuasi petugas kembali ke MAKO Dinas Damkar Kab Banjar. (BRIGADE/DPKP/PELETON1/SAY17)


Komentar