Dekranasda Banjar Ramaikan Kalsel Expo 2024

MARTAPURA, InfoPublik - Guna memeriahkan Hari Jadi ke - 74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) ikut serta berpartisipasi dan memperkenalkan produk komoditi unggulan serta produk UMKM daerah dalam mengikuti pameran Kalsel Expo di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru, Rabu (18/9/2024).

Acara pameran Kalsel Expo ini diselenggarakan selama 5 (lima) hari dari tanggal 18 s.d 22 September 2024 diikuti 225 stand dari kabupaten/kota.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan penyelenggaraan Kalsel Expo 2024 ini tidak hanya menjadi ajang pameran dan promosi, tetapi juga menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sehingga, segala potensi daerah dapat terus berkembang dan mampu bersaing di kancah global.

"Melalui Kalsel Expo 2024 ini, pertumbuhan ekonomi daerah dapat melompat ke level yang lebih tinggi, melalui inovasi dan kreativitas yang ditampilkan dalam produk-produk daerah kita. Hal ini adalah modal berharga untuk meningkatkan daya saing di pasar nasional maupun internasional,” kata Roy

Roy menyebut, terselenggaranya Kalsel Expo 2024 ini merupakan bukti nyata semangat gotong royong dan kolaborasi yang menjadi ciri khas masyarakat Kalsel.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Roy.

Melalui Kalsel Expo 2024 diharapkan, dapat membantu UMKM untuk membuka jaringan pasar dan global dengan memberikan coaching clinic dalam packaging produk lokal yang memenuhi standar dengan narasumber dari berbagai praktisi produk berpotensi ekspor dan workshop UMKM naik kelas.

“Gunakan momentum ini sebagai batu loncatan untuk memperkenalkan potensi Kalsel ke mata dunia sebagai langkah awal untuk terus memajukan potensi daerah untuk memperkuat ekonomi lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Roy

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas Saidi Mansyur yang di wakilkan oleh Kepala DKUMPP Banjar I Gusti Made Suryawati.

"Kami sangat senang bisa berpartisipasi dan dapat menyaksikan produk-produk dari berbagai daerah  dengan harapan pelaku UMKM kita terus maju, terus berinovasi dan Pemerintah selalu mendukung dan memfasilitasi agar produk UMKM dapat bersaing dan diterima di Pasar Nasional dan Internasional," ujar Made.

Menurut Made selanjutnya kegiatan ini selain bertujuan untuk mendukung pelaku UMKM dalam memperluas pasar juga menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan produk-produk lokal seperti Batu Permata, Sasirangan, Kerajinan Anyaman Purun dan Kerajinan Kayu.

Pada kesempatan ini I Gusti Made berharap UMKM kabupaten banjar kedepannya dapat membawa manfaat serta dapat meningkatkan perekonomian UMKM yang ada di kabupaten banjar. Pungkasnya. (Muzdalifah / Brigade Manis DKUMPP / Info Publik / 2024)


Komentar