Penuhi Dokumen Kependudukan, Inovasi Kamu Manis Incar Pelajar di Kecamatan Aluh Aluh

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar mengunjungi sekolah di wilayah Kecamatan Aluh-aluh dalam Rangka Pelayanan Perekaman Pemula dan Siswa Maju Mandiri dan Agamis (Kamu Manis) dan Pelita Desa, Rabu (18/9/2024).

Pelayanan Kamu Manis merupakan inovasi Disdukcapil yang bertujuan menerbitkan dokumen kependudukan untuk pelajar yang belum mencapai usia wajib rekam KTP pemula atau masih berumur 16 tahun akan mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan bagi mereka yang sudah berusia 17 Tahun akan dilakukan perekaman KTP.

Kali ini Disdukcapil Banjar melayani selama dua hari dari 17-18 September 2024 yang mendatangi beberapa sekolah yang berada di Kecamatan Aluh-aluh antara lain SMP 2 aluh-aluh, SMP 4 Aluh-aluh, SMP 7 Aluh-aluh, dan SMP 8 aluh-aluh 

Pegawai Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Baiq Eli Ramdhani yang ikut terjun langsung melayani di sekolah mengatakan selain melakukan pelayanan Disdukcapil juga melakukan sinkronisasi data bagi siswa yang bermasalah di dapodik.

"Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kualitas data bagi peserta didik dengan memfokuskan perhatian pada sinkronisasi keakuratan data siswa di seluruh wilayah, sehingga kedepannya mereka akan mudah berurusan terkait data kependudukan,"ucap Eli.

Sementara ditempat terpisah Kepala Disdukcapil Banjar Azwar menambahkan Inovasi Kamu Manis ini selalu gencar dilaksanakan untuk kemudahan pelayanan Administrasi Kependudukan.

"Inovasi ini merupakan bentuk nyata partisipasi Disdukcapil dalam melayani warga Kabupaten Banjar dengan mendekatkan pelayanan ke sekolah, selain itu juga turut dalam mensukseskan Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun ini," ucap Azwar saat di kantornya.

Azwar juga menekankan seluruh pelayanan Administrasi Kependudukan pada semua titik layanan Disdukcapil Kabupaten Banjar gratis alias tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Pelayanan Adminduk Disdukcapil Banjar tidak dipungut biaya, alias gratis jika terdapat oknum nakal laporkan kepada kami," tegas Azwar.


Komentar