Permudah Pengelolaan, DKUMPP Ikuti Bimtek Sistem Informasi Kredit Program

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melalui Bidang Usaha Mikro mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) di Aula lantai. 2 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Banjarmasin, Selasa (18/9/2024).

SIKP merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan dan monitoring data terkait program kredit yang diselenggarakan oleh pemerintah. 

Sementara itu ditempat terpisah Kepala DKUMPP I Gusti Made Suryawati menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan program kredit yang lebih efisien dan akurat melalui penggunaan teknologi informasi yang terkini.

"Selain itu juga dapat meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja," ujar Made saat di Kantornya.

Menurut Made program kredit ini biasanya ditujukan untuk mendukung sektor-sektor usaha tertentu, seperti usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dalam rangka meningkatkan akses permodalan.

Melalui SIKP, Made menambahkan pemerintah dan lembaga keuangan dapat memantau penyaluran dana kredit dengan lebih transparan dan efisien, memastikan bahwa kredit tersebut tepat sasaran. Sistem ini juga membantu dalam proses pengajuan, evaluasi, serta pelaporan data terkait program kredit.

"Penggunaan SIKP diharapkan dapat mempercepat pencapaian tujuan program-program kredit pemerintah, baik dalam hal efisiensi maupun transparansi," tutupnya. (Arjidan / Brigade Manis DKUMPP / Info Publik / 2024)


Komentar