Lestarikan Ekosistem, Komunitas Desa Mangkalawat Bersihkan Sungai Batu Tungku

MATARAMAN, InfoPublik - Dalam rangka melestarikan ekosistem sungai, Pemerintahan Desa Mangkalawat menggelar pembersihan Sungai Batu Tungku, Jumat (13/9/2024).

Upaya Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) membangun lingkungan bersih yang menjadi sumber kehidupan bagi warga lokal, menjadi fokus utama dalam Program Kegiatan Tanggap Darurat (PKTD) yang bertujuan untuk membersihkan dan melestarikan ekosistem sungai yang penting ini.

Kegiatan ini diikuti seluruh elemen desa, mereka antusias membersihkan sudut-sudut sungai dengan membawa alatnya masing-masing.

Sungai Batu Tungku, selain menjadi jalur transportasi penting bagi masyarakat sekitar, juga memiliki makna historis yang dalam. Oleh karena itu, kegiatan ini tidak hanya sekadar pembersihan fisik, tetapi juga simbol dari kesadaran akan pentingnya merawat warisan alam bagi generasi mendatang. 

Pambakal Desa Mangkalawat Ahmad Junaidi berharap kegiatan pembersihan sungai ini bukan hanya menjadi titik awal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi langkah-langkah berkelanjutan dalam melestarikan keindahan alam kita.

"Dengan usaha bersama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan lestari untuk kita dan generasi mendatang," katanya.


Komentar