Tingkatkan Daya Saing Koperasi Pertanian, Distan Banjar Gandeng Agri Terra

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar  melalui Bidang Perizinan Pertanian menggelar rapat pembinaan dan pengawasan perizinan kelembagaan usaha pertanian di Aula Distan, Rabu (11/9/2024).

Dalam kegiatan ini Kadis Pertanian Banjar diwakili Kabid Perizinan Usaha Pertanian Abdul Basyid, Plh. Kabid Perkoperasian furqon dan narasumber Anggita Karisma dari Agri Terra.

Anggita Karisma menyampaikan maksud dan tujuan sinergitas pengembangan koperasi modern melalui pendampingan di sektor pertanian mempromosikan model koperasi untuk industrialisasi sektor pertanian untuk ketahanan dan keberlanjutan pangan.

"Industrialisasi beberapa sektor pertanian untuk menciptakan dan menangkap nilai tambah di wilayah pedesaan di Indonesia, Pembangunan wilayah perdesaan dengan mendirikan industry pertanian dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang muda di wilayah pedesaan,”jelas Aggita.

Anggita menambahkan dengan berkoperasi petani tidak berhadapan langsung dengan pasar bebas dan koperasi sebagai bantalan dalam risiko input dan output. 

"Agri Terra membantu koperasi yg memenuhi syarat  untuk mengakses dana dari BPDPK utk pembangunan Pabrik Kepala Sawit (PKS), melalui penguatan organisasi (tata kelola, keuangan) dan lobi pemerintah,” katanya.

Dilanjutkan kunjungan lapangan bersama Kadis Pertanian Banjar Warsita ke beberapa koperasi antara lain koperasi Berkat Datu Kelampaian di Astambul dengan komoditas usaha budidaya ternak itik, produksi DOD dan telur asin, kemudian lanjut ke PBKL Karang Intan dalam pembinaan kelembagaan bersama dengan tim Agri Terra dan DKUMPP Kabupaten Banjar.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar