Lindungi Lahan Pertanian, Distan Ajak Petani Martapura Timur Cegah Kebakaran

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya menjaga produktivitas pertanian dan mencegah kerugian akibat kebakaran lahan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar melalui Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian menghadiri sosialisasi pencegahan penanganan kebakaran lahan dan gangguan usaha tanaman pangan di Aula BPP Kecamatan Martapura Timur, Senin (9/9/2024). 

 

Kegiatan ini dihadiri Dinas Tanaman Pangan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Camat Martapura Timur, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty, Koordinator Balai beserta PPL Martapura Timur dan para petani setempat. 

 

Imelda Rosanty dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sosialisasi ini, mengingat ancaman kebakaran lahan yang semakin meningkat, terutama pada musim kemarau.

 

"Kebakaran lahan tidak hanya merusak lahan pertanian, tetapi juga berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan melakukan upaya pencegahan secara bersama-sama," tegasnya.

 

Dalam sosialisasi tersebut, para peserta diberikan pemahaman mengenai penyebab kebakaran lahan, dampak yang ditimbulkan, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya Penyebab Kebakaran Lahan, Dampak Kebakaran Lahan dan Langkah Pencegahan. 

 

Camat Martapura Timur, Guslan dalam kesempatan tersebut mengapresiasi upaya Distan Banjar dalam menyelenggarakan sosialisasi ini.

 

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala, sehingga kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat," ujarnya.

 

Para petani yang hadir dalam sosialisasi mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. Distan Banjar berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran lahan. Selain melalui sosialisasi, Distan Banjar juga akan melakukan pemantauan bersama dengan pihak terkait. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar