Hadapi Penyakit LSD, Distan Gelar Vaksinasi di Lima Desa Sungai Pinang

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya menjaga kesehatan dan produktivitas ternak di wilayah Kabupaten Banjar, Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sungai Pinang menggelar vaksinasi dan pengobatan ternak.

Kegiatan ini diikuti lima desa, yakni Desa Rantau Nangka, Rantau Bakula, Pakutik, Sungai Pinang, dan Kupang Rejo, Selasa (3/9/2024). 

Fokus utama kegiatan ini adalah pencegahan penyakit Lumpy Skin Disease (LSD), sebuah penyakit kulit menular pada hewan ternak yang disebabkan oleh virus. Penyakit LSD dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan bagi peternak akibat penurunan produksi susu dan daging, serta kematian pada hewan yang terinfeksi.

Kepala BPP Sungai Pinang Ferry Nando Marbun menyampaikan vaksinasi LSD merupakan langkah preventif yang sangat penting untuk melindungi ternak kita dari penyakit ini. 

"Dengan memberikan vaksin, kita dapat mencegah penyebaran LSD yang lebih luas dan menjaga kesehatan ternak serta produktivitas peternak," ujar Nando. 

Dalam kegiatan ini, sebanyak 150 ekor ternak berhasil divaksin LSD. Selain vaksinasi, tim Kesmavet juga melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh terhadap ternak dan memberikan pengobatan terhadap penyakit-penyakit lain yang ditemukan.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner drh Asep Yusuf NS selain vaksinasi LSD, kami juga memberikan pengobatan terhadap penyakit-penyakit umum pada ternak. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ternak secara keseluruhan dan mencegah terjadinya penyakit yang lebih serius.

Kegiatan vaksinasi dan pengobatan ternak ini disambut antusias oleh para peternak di lima desa yang menjadi sasaran. Mereka sangat mengapresiasi upaya pemerintah dalam menjaga kesehatan ternak mereka.

Dikatakan Asep dengan menjaga kesehatan ternak, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas peternak dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Pemerintah Kabupaten Banjar akan terus berkomitmen untuk mendukung sektor peternakan dan meningkatkan kesejahteraan para peternak," pungkas Asep. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar