Kebakaran Pasar Batuah Martapura, Gudang Sekaligus Toko Habis Terbakar

MARTAPURA, InfoPublik - Musibah kebakaran terjadi di kawasan Pasar Batuah Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (3/9/2024), telah menghanguskan sebuah gudang yang berada di lantai 2 pertokoan pasar Martapura, gudang tersebut terhubung dengan Toko Baju Musafir Pasar Raya.

Nyala api semakin berkobar dan terlihat dari lantai 2 gedung tersebut, memicu kepanikan warga di sekitar lokasi.

Dalam beberapa menit kemudian, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar, BPBD Banjar, UPT Pemadam Kebakaran Kota Banjarbaru, Damkar Prov Kal Sel serta Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) langsung menuju lokasi kejadian. Mereka bahu-membahu bersama untuk menjinakkan si jago merah.



Petugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil mengendalikan api setelah berjibaku selama setengah jam. Meskipun kepulan asap putih masih terlihat menyelimuti kawasan pertokoan tersebut.

Menurut Kabid Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Sapras, M. Kasyaf R mengatakan toko sekaligus gudang milik Abdul Aziz Misfir, kerugian akibat kebakaran ini mencapai sekitar Rp500 juta. 

“Gudang yang terbakar itu baru diisi barang 2 hari yang lalu dan belum di suplai, perkiraan total kerugian sekitar 500 jutaan,” ungkapnya.

Kasyaf juga menambahkan, masih dalam situasi kobaran api, diketahui ada pegawai toko suami istri yang terjebak di dalam gudang tersebut, Petugas Dinas Damkar Banjar segera memasuki lokasi kebakaran, petugas menyisiri lokasi dan berhasil menemukan korban perempuan di dalam toilet dalam kondisi pingsan.

"Diduga korban berupaya berlindung dari kobaran api, korban segera dievakuasi keluar dari lokasi kebakaran oleh personil yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan alat pelindung pernafasan/ Breathing Apparatus (BA)," terangnya.

Ditambahkan Kasyaf personil dibekali APD yang lengkap sehingga memudahkan upaya penyelamatan akses menuju gudang. Setelah korban ditemukan segera di evakuasi menggunakan unit Relawan menuju Rumah Sakit Umum Daerah Ratu Zalecha.



Korban diketahui bernama Sahbani 30th (suami), untuk suami mengalami luka bakar di bagian tangan dan luka sobek di bagian kaki saat berupaya mencoba menolong mencari istrinya yg terjebak di gudang, sedangkan Rahmiah 32 tahun istri korban mengalami luka bakar di sekujur tubuh, informasi terakhir kami terima yang bersangkutan sudah sadar dan dalam perawatan instensif di RSUD Ratu Zalecha.


Komentar