Siswi Darul Hijrah Putri Ciptakan APAR Dari Cangkang Kerang, DPKP Banjar Uji Kelayakan

MARTAPURA, InfoPublik - Siswi SMP Darul Hijrah Puteri mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa (OPSI) 2024, dalam hal ini terkait Mengolah dan Melakukan Penelitian Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan Alat yang dibuat sendiri dan mudah dirangkai, untuk serbuk powder dibuat menggunakan limbah cangkang kerang.

Hasil inovasi APAR yang dibuat dari serbuk cangkang kerang ini merupakan hasil dari dua siswi bernama Ratih Sekar Ayu dan Gina Nur Azizah.

Kedatangan mereka ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar didampingi M. Bakarudin Talisapalas Guru Pembimbing Ekskul KIR 1 dan 
Ustadzah Saidatul Aslamiyah Guru Pembimbing KIR 2.

Adapun tujuan kunjungan ke DPKP Banjar tersebut melakukan uji kelayakan seberapa besaran APAR yang mereka buat untuk memadamkan api.

Untuk mengembangkan penelitian siswi tersebut maka DPKP menyambut baik inovasi siswi dari sekolah Darul Hijrah Putri melakukan uji coba pada prototipe apar ini.

Pelaksanaan uji coba dilakukan di halaman Mako DPKP Banjar, Jumat (30/8/2024) dengan praktik pemadaman Kebakaran kelas B, yaitu kebakaran yang disebabkan oleh bahan cair yang mudah terbakar atau gas, praktik mengunakan media BBM pertalite yang ditaruh dalam nampan yang dibakar.



Kepala DPKP Banjar, Agus Siswanto mengatakan innovasi pembuatan APAR oleh SMP Darul Hijrah Puteri yang bisa digunakan untuk rumah tangga dengan alat sederhana dan bisa dibuat oleh siapa aja.

"Kami selaku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kab Banjar sangat mengapresiasi, mendukung yang berguna bagi masyarakat banyak dan salah satunya adalah alat ini. Setelah uji coba beberapa saran dan masukan pun disampaikan kepada siswa tersebut agar berkembang lebih baik lagi alatnya," katanya. (BRIGADE/DPKP/SAY17)


Komentar