Klinik Hewan Keliling "Lakiku Bungas" Sambangi Kecamatan Simpang Empat

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) didampingi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Simpang Empat melaksanakan Keliling Klinik Hewanku Bungas "Lakiku Bungas" di Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (21/8/2024). 

Layanan yang diberikan dalam klinik hewan keliling ini meliputi pemeriksaan kesehatan hewan, pengobatan, vaksinasi, pemberian vitamin dan hingga konsultasi dengan tenaga ahli veteriner. Selain itu juga dapat memperoleh informasi penting terkait perawatan hewan yang tepat dan berkelanjutan.

Kegiatan ini menjadi angin segar bagi para peternak dan pemilik hewan peliharaan di Kecamatan Simpang Empat. Pasalnya, dengan klinik hewan keliling ini, masyarakat tidak perlu lagi repot membawa hewan peliharaan mereka ke klinik hewan yang jauh. Cukup datang ke lokasi klinik hewan keliling, berbagai layanan kesehatan hewan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.

Kasi Pelayanan Jasa Medik Veteriner Hj Siti Fathonah menyampaikan Distan Banjar ingin memberikan pelayanan kesehatan hewan yang mudah diakses oleh masyarakat. Dengan klinik hewan keliling ini, diharapkan kesehatan hewan ternak dan peliharaan masyarakat dapat terjaga dengan baik.

"Selain memberikan layanan kesehatan hewan, Distan Banjar juga gencar melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan hewan ternak dan hewan peliharaan. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan informasi mengenai cara merawat hewan yang benar, tanda-tanda hewan sakit, serta pentingnya vaksinasi," ujar Fathonah.

Fathonah mengharapkan kegiatan klinik hewan keliling dapat terus berjalan, sehingga kesehatan hewan ternak dan peliharaan masyarakat dapat terus terjaga dengan baik.

"Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan hewan dan mendorong mereka untuk lebih peduli terhadap kesejahteraan hewan," harapnya.

Koordinator BPP Simpang Empat Marwiah menambahkan, kesehatan hewan tidak hanya penting bagi hewan itu sendiri, tetapi juga bagi manusia. 

"Hewan yang sehat akan menghasilkan produktivitas yang tinggi, baik itu berupa daging, telur, maupun susu. Selain itu, hewan yang sehat juga akan mengurangi risiko penularan penyakit dari hewan ke manusia," tutup Marwiah. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar