Diskusikan Strategi Jitu Jaga Ketahanan Pangan, DPRD Madiun Kunjungi Distan Banjar

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Kota Madiun beserta Sekretariat DPRD Kota madiun, di Aula Distan, Selasa (20/8/2024).

 

Kedatangan anggota dewan itu disambut dengan hangat Kabid Perizinan Pertanian H Abdul Basyid, Kasi Kelembagaan Petani Dwi Retnani, Kasubbag Umpeg Hj Noor Ainah Mursyid dan Kepala Seksi beserta staf Distan.

 

Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Perizinan H. Abdul Basyid menyatakan bahwa Kabupaten Banjar dengan luas wilayah pertanian 56.196 Ha dengan peruntukan pengembangan komoditas tanaman pangan, hortikultura dan tanaman perkebunan.

 

Dinas Pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan suatu daerah beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap hama dan penyakit tanaman yang dapat mengancam menurunnya kuantitas produksi akibat kehilangan hasil,” terangnya.

 

Dikatakannya, Pengawasan Kualitas Produk Peternakan Memastikan bahwa produk peternakan (daging) yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan, baik untuk konsumsi. Pemberdayaan Petani Mendorong peningkatan kapasitas petani melalui pelatihan, akses ke modal, dan dukungan lainnya agar mereka dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya.

 

“Melalui kunjungan kerja ini kerja sama Antar Lembaga dapat terjalin dan terbuka peluang untuk bermitra dengan Sektor Swasta dalam hal investasi, teknologi dan distribusi untuk mendukung ketahanan pangan,” tutupnya. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar