Distan Banjar Ikuti Workshop Kurikulum Faperta Program Studi Agribisnis

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam rangka meningkatkan Kompetensi dan Daya Saing Lulusan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari menggelar Workshop Kurikulum Fakultas Pertanian (Faperta) Program Studi, Senin (19/8/2024). 

Workshop ini bertujuan untuk memperbarui dan menyempurnakan kurikulum sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan industri agribisnis.

Dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni dan praktisi industri agribisnis. Hadir sebagai Narasumber dalam Kegiatan ini Agustina Sinta Hartati Wahyuningtiyas, dalam pemaparannya menekankan pentingnya kurikulum yang dinamis dan adaptif terhadap perubahan zaman.

"Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang mampu menjawab tantangan masa depan dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja, memperoleh profil lulusan seseorang yang mampu mengampu profesi yang digelutinya,” ujarnya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Pertanian Warsita juga menyatakan harapannya agar kurikulum yang disusun tidak hanya berorientasi pada ilmu pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan praktis, integrasi teknologi digital dalam agribisnis dan soft skills mahasiswa.

"Sehingga lebih aplikatif serta Pendidikan akhlak dan moral peserta didik juga tak kalah penting, sinergitas dan kolaborasi berbagai pihak baik stakeholder dengan Akademisi maupun praktisi industry Agribisnis akan mendukung suksesnya pembangunan pertanian," pungkasnya.

Workshop Kurikulum Faperta Prodi Agribisnis tahun 2024 diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan kurikulum yang lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan industri, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global. (Brigade Distan Dwi Retnani) 


Komentar