Upacara Detik-Detik HUT ke-79 RI di Kecamatan Astambul Berlangsung Khidmat

ASTAMBUL, InfoPublik - Pemerintah Kecamatan Astambul dengan Penuh Khidmat menggelar Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilangsungkan di halaman Kantor Camat Astambul, Sabtu (17/8/2024).

Upacara kali ini dimulai sekitar pukul 08:00 WITA yang ditandai dengan peringatan detik-detik proklamasi diiringi dengan bunyi Sirine dari mobil Ambulance Puskesmas Astambul.

Adapun dalam upacara kali ini Camat Astambul, Ahmad Fauzi bertindak sebagai inspektur upacara. Kemudian, Serka Soni Ariyanto dari Koramil 1006-04/Astambul didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Paskibra Bendera Merah Putih diisi oleh Siswa(i) Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjar, mereka tampil maksimal dari hasil latihan selama 2 Minggu, kemudian Paduan Suara diisi oleh Siswa(i) SMPN 1 Astambul.

Fahrani selaku Anggota DPRD Dapil Astambul membacakan Teks Proklamasi, kemudian menutup upacara dibacakan Do’a oleh Kepala KUA Astambul H. Hasan Yamani.

Usai Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan penyerahan penghargaan kepada Tim Penggerak PKK Desa yang berprestasi dari Desa Lok Gabang dan Desa Benua Anyar DS, penghargaan Kepada Pambakal se-Kecamatan Astambul karena sudah ikut berpartisipasi demi suksesnya acara Peringatan HUT ke-79 RI dan HUT ke-74 Kabupaten Banjar.

Penghargaan juga diberikan kepada LINMAS Desa yang telah menjuarai Lomba PBB LINMAS Desa Se-Kecamatan Astambul. Linmas Desa Pingaran Ulu meraih juara 1, Linmas Desa Tambangan meraih juara 2 dan Linmas Desa Munggu Raya meraih juara 3.

"Lomba PBB Linmas ini dilaksanakan agar LINMAS Desa mengetahui dan berpengalaman dalam hal Peraturan Baris-berbaris," ucap Ahmad Fauzi

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga diikuti oleh Forkopimcam Astambul, Anggota DRPD Dapil Astambul, Kepala Sekolah se-Kecamatan Astambul beserta Dewan Guru, Kepala KUA Astambul, Kepala Unit Kerja se-Kecamatan Astambul, Pambakal se-Kecamatan Astambul, LINMAS Desa se-Kecamatan Astambul dan pihak-pihak lain yang terlibat.

Para pedagang Pasar Astambul diminta untuk menghentikan jual beli sejenak saat Upacara berlangsung dan ikut hormat kepada sang Saka Merah Putih, seketika suasana menjadi Haru dan Khidmat. (Gazali)


Komentar