Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage kepada Pemerintah Daerah (Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kategori Madya)

Pada hari Kamis, tanggal 8 Agustus 2024, bertempat di Krakatau Grand Ballroom, TMII Jakarta Timur, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menerimi Penghargaan UHC Kategori Madya. Di sini Pemerintah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan mendapatkan penghargaan dari Menko Bidang pembangunan manusia dan kebudayaan RI sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Madya dalam Pencapaian Universal Health Coverage yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI.

“Alhamdulilllah, setelah satu dekade diluncurkannya program JKN-KIS, Pemkab Banjar akhirnya dapat mewujudkan UHC yg merupakan cita-cita yang menjadi impian bagi setiap pemerintah dan masyarakatnya yaitu merasakan kemerdekaan pembiayaan dan pemerataan dalam layananan kesehatan dengan kualitas pelayanan yang optimal di fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas & Rumah Sakit tanpa terkecuali”, kata Kepala Dinas Kesehatan Yasna Khairina yang pada saat ini mewakili Bupati Banjar menerimakan secara langsung perhargaan tersebut .

Dalam kegiatan ini di hadiri Seluruh Kepala Daerah/yang mewakili Se Indonesia yang mendapatkan penghargaan.,juga kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan “satu dekade program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk negeri sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Untuk penghargaan Kabupaten Banjar, diserahkan langsung oleh Presiden International Social Security Association Muhammad Asman bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti kepada Yasna Khairina sembari mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah Kabupaten Banjar atas diraihnya prestasi tersebut dan berpesan agar fasilitas sebagai pemberi pelayanan terus meningkatkan mutunya.
                Wakil Presiden Republik Indonesia dalam arahannya pun menyampaikan bahwa Pemerintah menetapkan 98 persen untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat. Alhamdulillah saat ini kita sudah mencapai target ini, dan tentunya kedepan akan terus kita tingkatkan kualitasnya, demi mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia yang merata," ucapnya.
Kemudian, Wapres juga menginginkan setiap daerah harus memperluas jangkauan kepesertaan BPJS hingga 100 persen, harus melakukan pendekatan secara efektif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iuran, harus memastikan adanya monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas pelayanan.

"

Diketahui sejak diluncurkannya JKN-KIS berturut-turut Kabupaten Banjar telah mengalami presentase kepesertaan dari tahun-tahun. 

Dan pada akhir tahun 2023 yang lalu Pemerintah Kebupaten Banjar melalui kebijakan Bupati Banjar H. Saidi Mansyur memberikan kebijakan setiap warga Kabupaten Banjar harus terjamin pembiayaan kesehatannya melalui JKN KIS dan mencapai presentase 95,83%. Alhamdulillah pada Tanggal 1 Agustus 2024 Capaian UHC di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan mencapai 98,42% yaitu 570.921 jiwa peserta JKN dari populasi 580.100 jiwa, seiring dengan target RPJMD 98% kepesertaan pada tahun 2024.

 

Ikut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Seger dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Pembiayaan Muhammad Habibi.  Kegiatan juga didampingi pihak ekstrenal Kepala Cabang BPJS Kesehatan Asmar dan Kepala BPJS Kab Banjar Herlina


Komentar