Pemkab Banjar Raih Dua Penghargaan ProKlim Lestari dari KLHK

JAKARTA, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar kembali menerima 2 (dua) penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penghargaan tersebut diberikan kepada Desa Padang Panjang kecamatan Karang Intan dan Kelurahan Sekumpul Martapura meraih Kategori Lestari, di gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jum'at (9/8/2024).

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Pambakal Desa Padang Panjang Said Al Akhsani dan Lurah Sekumpul Abdullah HB.



Bupati Banjar H Saidi Mansyur diwakili Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Akhmad Bayhaqie mengatakan penghargaan ProKlim ini sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi dari KLHK atas peran aktif Kabupaten Banjar, Pemerintah Desa dan para pihak dalam penguatan aksi lokal pengendalian perubahan iklim yang berada ditingkat tapak.

"Alhamdulillah Tahun ini Kabupaten Banjar kembali menerima 2 Penghargaan ProKlim Lestari sekaligus, dari 34 Lokasi ProKlim yang sudah diverifikasi seluruh Indonesia yakni Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan dan Kelurahan Sekumpul Kecamatan Martapura," ucap Bayhaqie didampingi Kabid P2KLH Nur Aina 

Menurut Akhmad Bayhaqie, Program Kampung Iklim saat ini menjadi salah satu agenda prioritas dunia termasuk Indonesia karena memberikan dampak yang luas bagi berbagai aspek kehidupan dan menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan di bumi.



" Diharapkan program ini sebagai upaya mengurangi laju kenaikan temperatur bumi dan penanganan bencana akibat perubahan iklim memerlukan upaya kolektif seluruh pihak menuju terwujudnya pembangunan rendah emisi gas rumah kaca dan berketahanan iklim, khususnya di wilayah Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Adapun penerima Piagam Apresiasi Trophy ProKlim Lestari berjumlah 34 penerima, Penerima Trophy ProKlim Utama berjumlah 55 penerima dan Penerima Apresiasi Pendukung ProKlim berjumlah 40 penerima dari seluruh Indonesia. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar