DPKP Banjar Bentuk Relawan Kebakaran di Desa Pingaran Ulu

MARTAPURA, InfoPublik - Sebagai upaya mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan serta meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melaksanakan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Kebakaran (REDKAR) di Desa Pingaran Ulun, kecamatan Astambul, Senin (5/8/2024).

Sebanyak 25 peserta REDKAR bernama Regap dikukuhkan oleh Kepala Bidang Pencegahan DPKP Banjar Gusti Yudhi.

Gusti Yudhi mengatakan semakin meningkatnya potensi ancaman kebakaran juga mendekati musim kemarau ini, sehingga diperlukan manajemen pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang komprehensif.



"Partisipasi aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk mendukung tugas berat pemadam kebakaran. Masyarakat merupakan elemen yang sangat penting dalam penyelenggaraan sub urusan kebakaran pemerintah," ujar Yudhi.

Ditambahkan Yudhi, oleh karena itu Kementerian Dalam Negeri mengamanatkan melalui KEPMENDAGRI nomor 364.1-360 tahun 2020 tentang pedoman pembinaan relawan pemadam kebakaran untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam membantu pencegahan maupun penanggulangan kebakaran dengan membentuk dan memastikan keaktifan relawan pemadam kebakaran (redkar).

Usai rangkaian acara pengukuhan para relawan langsung mengikuti pelatihan teknis pencegahan dan penanggulangan kebakaran juga bagaimana pertolongan pertama yang dilakukan pada saat bertemu korban yang diisi para Narasumber yang berkompeten di bidang Kebakaran juga Pertolongan Pertama Pada Korban.

Adapun materi yang diberikan dari PSC 119 berupa Pertolongan Pertama Pada Kedaruratan Kecelakaan ( Patah Korban Tulang dan Korban Henti jantung Henti Napas RJP/ Resusitasi Jantung Paru).



Sedangkan dari DPKP Banjar cara pencegahan kebakaran, Mengenal Api dan kebakaran, Mengenal Kelas Kebakaran, Memberikan pengenalan tentang Alat Proteksi Kebakaran berupa APAR dan cara penggunaannya, cara penanganan api pada kebakaran kompor gas, cara penggunaan selang dan nozel pemadam serta isyarat penaganan pemadaman, cara Gelar gulung selang.

Hadir pada kegiatan ini Camat Astambul, Pambakal, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan warga setempat. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/BIDANGPENCEGAHAN/SAY17) 


Komentar