Petani Milenial Karang Intan Antusias Ikuti Bimtek Budidaya Cabe dan Bawang

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Banjar lewat program Tumbuh Kembangkan Petani yang Maju Mandiri dan Agamis (Batumbang Tani Manis) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Tanaman Cabe dan Bawang, di aula BPP Karang Intan, Selasa (30/7/2024).

Kegiatan yang berlangsung dari 30 - 31 Juli 2024 diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian di wilayah tersebut.

Melalui bimtek ini, para petani akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan terbaru dalam budidaya cabe dan bawang. Mulai dari pemilihan bibit unggul, teknik penanaman yang tepat, hingga pengendalian hama dan penyakit.

Camat Karang Intan Pusaro Riyanto mengharapkan agar peserta pelatihan serius dalam berlatih, sehingga mampu menanam cabe yang benar dan dapat mengembangkan di desanya masing masing.

"Jangan malu jadi petani, tumbuhkan rasa percaya diri agar mampu menjadi petani yang sukses," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Banjar Warsita mengajak para pemuda untuk mau berusaha di bidang pertanian, mampu menciptakan brand sendiri  dan dapat menciptakan lapangan kerja di lingkungannya.

"Dengan adanya bimtek ini, diharapkan para petani Karang Intan semakin termotivasi untuk mengembangkan usaha pertaniannya. Semoga program Batumbang Tani Manis dapat terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Banjar. Semoga bermanfaat bagi petani milenial kita," harap Warsita.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta perwakilan dari 25 desa yang ada di Karang Intan. Bimtek ini menghadirkan narasumber Yuniati dari BPP Karang Intan, KJF Distan Banjar Nudin, Abdurrasyad dari petani sukses serta Misrani praktisi dari P4S Patra Mandiri yang akan mengajarkan secara langsung cara budidaya cabe dan bawang dengan tepat. 
(Brigade Distan Sigit Triyanto / Syaripuddin)


Komentar