Ratusan Sapi di Desa Rantau Balai Terima Pengobatan dan Vaksinasi

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner menggelar pengobatan dan vaksinasi sapi di Desa Rantau Balai Kecamatan Aranio, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan hewan ternak dan mencegah penyebaran penyakit hewan menular. Acara ini dipimpin Kasi Kesehatan Hewan drh M Akbar Susanto bersama staf dan Koordinator Balai dan PPL Aranio.  Sebanyak 200 ekor lebih sapi dari peternak di desa tersebut mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan vaksinasi secara gratis.

Peternak Desa Rantau Balai juga menyampaikan terima kasih kepada Distan atas perhatiannya terhadap kesehatan hewan ternak di desanya. Ia berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin untuk membantu para peternak di desanya.

drh M Akbar Susanto menjelaskan bahwa kegiatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan sapi, pemberian vitamin, pengobatan dan vaksinasi untuk mencegah penyakit hewan menular terutama penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Para peternak sapi di Desa Rantau Balai menyambut baik kegiatan ini. Mereka merasa terbantu dengan adanya pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan vaksinasi sapi secara gratis," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu para peternak dalam menjaga kesehatan hewan ternak mereka dan meningkatkan hasil produksi ternak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mencegah penyebaran penyakit hewan menular dan menjaga kesehatan masyarakat.

"Alhamdulillah pengobatan di Kecamatan Aranio, baru kali ini menjumpai satu kampung kompak berbondong-bondong mengikuti pengobatan dan vaksinasi meskipun hujan lebat, jalan kaki naik turun bukit, sehingga kurang lebih 200 ekor sapi yang dapat terlayani dan sisanya akan diagendakan dilain waktu," pungkasnya.
(Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar