Sambut Harjad Koperasi ke-77, DKUMPP Laksanakan Penilaian Terhadap Koperasi di Kabupaten Banjar

MARTAPURA, InfoPublik - Penilaian Koperasi Berprestasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar di bawah kepemimpinan Kepala Dinas I Gusti Made Suryawati dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Sebagai rangkaian peringatan Hari Koperasi yang ke-77 dengan tema "Koperasi sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi, dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil" serta tagline “KoperasiPemberdaya”.

 

Dalam rangka menyemarakkan Hari Koperasi ke-77, maka melalui Bidang Perkoperasian yang dilaksanakan oleh Tim Penilai koperasi Berprestasi dari DKUMPP Banjar yang diketuai oleh Kabid Perkoperasian Muryani Hastuti, beserta Kasi Kelembagaan dan Perizinan dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang berada di semua Kecamatan di Kabupaten Banjar, Selasa (9/7/2024).

 


Dalam penilaian yang dilakukan meliputi beberapa aspek kegiatan koperasi pertanyaan kepada pengurus, pengawas maupun karyawan spek kelembagaan, aspek keuangan, aspek pengelolaan usaha, sampai dengan gaji atau honor Pengurus, Pengawas, dan Karyawan, sampai dengan permasalah kredit macet, dan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi.

 

Tentunya untuk mendapatkan nilai yang baik, atau bahkan tinggi, bila dalam pengelolaan Koperasi dilakukan dengan selalu mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga Koperasi tidak mengalami penurunan pendapatan yang berpotensi merugikan yang berdampak pada besaran kemanfaatan yang diperoleh oleh Anggota.

 

Namun tentunya yang terjadi sebaliknya, yakni Koperasi mampu berkembang, mendapatkan SHU yang lebih besar, yang tentunya akan memberikan kesejahteraan bagi seluruh Anggotanya.

 

Adapun beberapa daftar nama koperasi yang dilakukan penilaian koperasi berprestasi tahun 2024 yaitu :

1. Koperasi Produsen Usaha Tani Kayuh Baimbai

2. Koperasi Pegawai Republik Indonesia Pendidikan Teknik

3. Koperasi Kehutanan Wana Lestari

4. Koperasi Unit Desa Kayu Tang

5. Koperasi Profesi Bersih Sehat

6. Koperasi Konsumen Primkoppol Marta Banjar

 


Koperasi yang berpredikat Juara I, Juara II dan Juara III berhak mendapatkan plakat/piala dan Piagam Penghargaan Koperasi Berprestasi serta hadiah berupa Laptop, sedangkan untuk predikat Harapan I, Harapan II dan Harapan III berhak mendapatkan plakat/piala dan Piagam Penghargaan Koperasi Berprestasi yang diberikan Pemerintah Daerah kepada Koperasi Berprestasi melalui Bapak Bupati Banjar sehingga diharapkan koperasi dapat terus meningkatkan tata kelola, kinerja dan SHU dari koperasi tersebut untuk mewujudkan Kabupaten Banjar MANIS (Maju, Mandiri, dan Agamis). (ARif/Brigade Manis DKUMPP/InfoPpublik/2024)


Komentar