Bappedalitbang Terima Kunker Studi Banding Komisi I DPRD Kabupaten Lamongan

MARTAPURA, InfoPublik – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menerima kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Lamongan di Aula Bauntung Bappedalitbang, Martapura, Selasa (2/7/2024).

Rombongan Komisi I DPRD Lamongan disambut Sekretaris Hanafi didampingi Kabid Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi, Mujahid.

Hanafi mengucapkan selamat datang atas kunjungan rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Lamongan yang sekaligus didampingi oleh Bappedalitbangda, DPPKAD Kabupaten Lamongan.

Sementara, Ketua Pansus I DPRD Lamongan, Mahfud Shodiq, mengatakan kegiatan ini dalam rangka silaturahmi dan studi banding terkait rencana Raperda tentang RPJPD di Kabupaten Lamongan.

“Kami anggota DPRD Kabupaten Lamongan kini tengah membahas enam Raperda, Raperda tersebut terdiri 3 Raperda dari eksekutif dan 3 inisiatif dari DPRD,” ujarnya.

Mahfud menerangkan Pansus I membahas tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2025-2045 menuju Indonesia Emas, oleh karena itu kami ingin membandingkan dengan Kabupaten Banjar agar bisa menambah wawasan dan bisa saling mengisi serta berbagi ilmu pengalaman.

Sementara itu, Mujahid, menjelaskan untuk penyusunan RPJPD Kabupaten Banjar saat ini sudah memasuki tahapan pembahasan di DPRD, sebelumnya sudah disampaikan rancangan Perdanya dilengkapi dengan naskah akademik dan dokumen rancangan akhir RPJPDnya pada tanggal 31 Mei 2024 yaitu dilaksanakan secara paripurna.

“Untuk penyusunan RPJPD Kabupaten Banjar minta bantuan dengan PPKK Fisipol Universitas Gajah Mada sebagai tenaga ahli, dan tahapan penyusunannya kita melakukan Ekspose Ranwal di Forum Konsultasi Publik.  Kemudian  desk-desk dengan SKPD," jelas Mujahid.

Dalam visi RPJPDnya, Kabupaten Banjar mengusung visi “Banjar Berkelanjutan Maju, Agamis Sebagai Sentra Perikanan, Pariwisata dan Pertanian” dengan tagline “Banjar Bumi Intan”.

Adapun sebelum paparan Mujahid memperkenalkan terlebih dahulu tentang beragam pariwisata di Kabupaten Banjar di antaranya Pertokoan Permata CBS, wisata religi  Sekumpul, Kelampaian, Paras Terapung Lok Baintan serta sentra oleh-oleh dan kerajinan di Dekranasda Kabupaten Banjar. (ione/Bappedalitbang)


Komentar