Distan Banjar Komitmen Wujudkan Pelayanan Publik Prima di Bidang Pertanian

MARTAPURA, InfoPublik - LAPOR SP4N merupakan bentuk pelayanan publik yang penting dalam pengelolaan pengaduan dan aspirasi masyarakat secara resmi oleh pemerintah. 

Dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) menunjukkan komitmennya dengan menghadiri Sosialisasi LAPOR SP4N yang diselenggarakan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) di Aula KH Kasyful Anwar Dinas Pendidikan, Martapura, Selasa (2/7/2024).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani.

Kepala DKISP Banjar HM Aidil Basith menjelaskan, LAPOR SP4N merupakan laporan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik.

“Melalui SP4N diharapkan pengaduan masyarakat mengenai pelayanan publik dapat ditangani dengan cepat, transparan dan akuntabel sesuai dengan kewenangan masing-masing penyelenggara dan mendorong meningkatkan kinerja penyelenggara dan pelaksana pelayanan publik dalam pengelolaan pelayanan publik,” harap Basith.

Sementara itu, Staf Umpeg Distan Banjar  Hj Nani Marlianti menyampaikan kehadiran Distan dalam acara ini membuktikan bahwa pihaknya serius dalam menanggapi dan menindaklanjuti setiap masukan serta pengaduan dari masyarakat melalui sistem LAPOR SP4N. 

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan responsivitas terhadap kebutuhan warga. Setiap pengaduan akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Masyarakat dapat memantau status pengaduannya melalui LAPOR SP4N," ujarnya.

Pada kegiatan ini para peserta mendapatkan pelatihan tentang cara menggunakan aplikasi LAPOR SP4N. 

Lanjut Nani Marlianti, diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, Distan Kabupaten Banjar dapat lebih optimal dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui LAPOR SP4N, sehingga terwujud pelayanan publik yang prima di bidang pertanian.

Adapun narasumber acara ini Kasi Pengelolaan Opini Publik  Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan Chairun Ni’mah, diikuti operator LAPOR SP4N SKPD dan Kecamatan Se-kabupaten Banjar. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar