Pemkab Banjar Serahkan Bantuan Logistik bagi Korban Angin Puting Beliung di Desa Tambak Baru Ulu

MARTAPURA, InfoPublik - Dalam upaya meringankan beban para korban bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerjasama dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar menyerahkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak angin puting beliung di Desa Tambak Baru Ulu, Kecamatan Martapura, Kamis (27/6/2024).

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Azhar Alamsyah, mengatakan kami akan memberikan bantuan kepada korban sesuai dengan Perbup Nomor 8 Tahun 2023. 

"Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan dan rekonstruksi bangunan yang terdampak bencana," katanya.

Kasi Logistik BPBD, Yanrinaldo Bachdie menyatakan bahwa ada 16 item barang yang diberikan kepada para korban. Bantuan ini meliputi kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga, dan bahan bangunan untuk membantu memperbaiki rumah yang rusak. 

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat yang terdampak untuk segera pulih dan melanjutkan kehidupan mereka,” ujar Yanrinaldo.

Bantuan diterima langsung oleh para korban di Desa Tambak Baru Ulu. Bencana alam angin puting beliung ini menyebabkan kerusakan berat dan sedang pada 9 (sembilan) buah rumah dengan jumlah 11 Kepala Keluarga (KK) dan 23 jiwa.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos P3AP2KB Roni Tuska, menyerahkan bantuan tersebut didampingi oleh Tagana, BPBD, Pembakal, dan aparat desa setempat. 

"Dengan adanya bantuan ini, kami berharap dapat sedikit meringankan beban para korban bencana alam dan membantu mereka untuk bangkit kembali," ujar Roni Tuska.

Kolaborasi antara BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Banjar ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam. Pemerintah Kabupaten Banjar berupaya memastikan bahwa seluruh korban mendapatkan perlindungan dan jaminan sosial yang memadai. 


Komentar