Distan Gelar Bimtek Karlabun di KTPA Jaya Desa Pematang Danau Mataraman

MARTAPURA, InfoPublik - Menghadapi musim kemarau dan mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan kebun, Dinas Pertanian melaksanakan Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun (Karlabun) di desa Pematang Danau Kecamatan Mataraman, Selasa (25/6/2024).

 

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) telah mengambil langkah proaktif dalam menangani isu kebakaran lahan dan kebun di Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Jaya Desa Pematang Danau, Kecamatan Mataraman. Melalui Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian, Distan berkomitmen untuk melaksanakan pengendalian yang komprehensif dan efektif.

 

Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty mengatakan pengendalian Karlabun merupakan upaya yang sistematis dan terpadu untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran di area lahan dan kebun. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta harus bekerja sama untuk mencegah dan menanggulangi Karlabun.

 

Upaya ini merupakan bagian dari tanggung jawab Distan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi sektor pertanian di wilayah tersebut. Dengan koordinasi yang baik dengan pihak terkait, Distan yakin dapat menangani masalah kebakaran secara tuntas dan mencegah terjadinya dampak yang lebih luas,” ujarnya.

 

Imelda berharap masyarakat dapat mendukung langkah-langkah yang diambil oleh Distan dengan turut menjaga lingkungan dan melaporkan segala bentuk aktivitas yang mencurigakan terkait kebakaran lahan dan kebun. Hanya dengan kerja sama yang erat antara pemerintah dan masyarakat, masalah ini dapat diatasi dengan baik.

 

“Kami mengimbau para petani untuk tidak membakar lahan sebagai cara membersihkan lahan. Kami juga memberikan tips dan trik untuk mencegah terjadinya kebakaran, seperti membuat sekat bakar dan selalu waspada terhadap api. Dengan upaya bersama, diharapkan Karlabun dapat dicegah dan ditanggulangi secara efektif, sehingga kerusakan lingkungan dan kerugian ekonomi dapat diminimalisir,” pungkasnya.

 

Kegiatan bimtek ini dihadiri Koordinator Balai beserta PPL Mataraman, diikuti KTPA di Kecamatan Mataraman dan Kecamatan Cintapuri, yaitu sebanyak 7 KTPA, PT. SSM, Poktan, BPP dan perwakilan dari pemerintahan desa Pematang Danau. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar