Tingkatkan Keterampilan Warga Transmigrasi, Disnaker Gelar Pelatihan Jurusan Tata boga

MARTAPURA, InfoPublik - Seiring pesatnya perkembangan zaman kualitas sumber daya manusia menjadi penting untuk ditingkatkan. Kemajuan kegiatan ekonomi di kawasan transmigrasi pada umumnya terdapat hambatan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banjar Hj Siti Mahmudah saat membuka Pelatihan Jurusan Tata Boga di Desa Karya Makmur, Kecamatan Cintapuri Darussalam, Selasa (25/6/2024).

"Faktor yang menjadi penghambat antara lain masalah sumber daya manusia yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia, dan keterampilan yang mereka miliki terbatas," ujar Mahmudah.

Dikatakan Mahmudah lewat pelatihan ini dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran. 

"Mudah-mudahan peserta yang dilatih bisa membuka peluang kerja dan usaha mandiri, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal," harapnya.

Sementara itu, Pimpinan LPK Dahlia Hj Wahidah menambahkan dengan adanya pelatihan ini masyarakat transmigrasi dapat meningkatkan keahlian, perekonomian rumah tangga dan mengurangi angka pengangguran.

Adapun pelatihan ini diikuti 16 peserta, yang dilaksanakan selama tiga hari dari 25 - 27 Juni 2024.


Komentar