Persiapkan Hadapi Dunia Kerja, Disnakertrans Gelar Penyuluhan di SMK Darussalam

MARTAPURA, InfoPublik - Memasuki dunia kerja tidak cukup hanya dengan ilmu atau pengetahuan dasar, tetapi juga yang paling penting yang harus disiapkan bagaimana pencari kerja memiliki keahlian, sikap, dan karakter. 

Dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Bursa Kerja dan Penyuluhan Bimbingan Jabatan di SMK Darussalam Martapura, Selasa (25/6/2024).

Kepala Bidang Tenaga Kerja Syahidi Amrullah menyampaikan melalui kegiatan sosialisasi yang kita laksanakan ini, diharapkan bahwa ke depannya seluruh anak-anak didik lulusan SMK sebagai calon tenaga kerja bisa tersalurkan dan bisa bekerja setelah lulus nanti. 

"Hal ini sebagai bentuk upaya Pemerintah Daerah dalam mengurangi angka pengangguran dari kalangan lulusan SMK," ujar Amrullah.

Sementara narasumber dari Badan Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Selatan Nashruddin Qawiyurrijal menyampaikan materi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja.

"Terkait bagaimana langkah perencanaan karir yaitu pengenalan diri, pengetahuan dunia kerja, matching proses, dan choose the right job. Kemampuan yang dibutuhkan ialah kemampuan  dengan bidang kerja yang digeluti, kemampuan intrapersonal dan kemampuan interpersonal, dan kemampuan memecahkan masalah," terangnya.

Dijelaskannya, tidak banyak orang yang mau sadar kekurangan diri sendiri, kemudian berusaha memperbaikinya. Termasuk saat mencari kerja mengetahui skill kurang, tetapi tidak mau belajar. Tempat kerja tidak mungkin 100% sesuai maunya pencari kerja. Ada yang gajinya besar, tetapi tuntutannya tinggi. Ada yang kerjanya nyaman, tapi gaji pas-pasan.

Selain membahas tentang persiapan memasuk dunia kerja, Nashruddin juga menyampaikan meraih peluang kerja ke luar negeri. Bekerja di luar negeri merupakan alternatif lapangan kerja. Orang yang bekerja di luar negeri disebut dengan Pekerja Migran Indonesia (PMI).


Komentar