Gerakan Pengendalian WBC Digelar di Desa Berkat Mulya Simpang Empat

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) bergerak cepat dalam menanggulangi serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC) pada tanaman padi di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar gerakan pengendalian WBC di Gapoktan Tani Bersama Desa Berkat Mulya Kecamatan Simpang Empat, Senin (24/6/2024).

Hal merupakan langkah penting untuk melindungi tanaman padi dari ancaman hama ini. WBC dapat menyebabkan kerusakan parah pada tanaman padi, sehingga tindakan pengendalian yang tepat dan terkoordinasi sangat diperlukan.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty, didukung Pembakal Desa Berkat Mulya H M Saurani, Koordinator Balai beserta PPL Simpang Empat, POPT dan anggota Gapoktan Tani Bersama. 

Dikesempatan tersebut Imelda Rosanty menyampaikan bahwa serangan WBC dapat berakibat fatal bagi hasil panen padi jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengendalian hama secara terpadu dan berkelanjutan.

"Melalui gerakan ini, Distan berupaya memastikan petani memiliki pemahaman yang komprehensif tentang cara mengenali dan menangani WBC secara efektif. Edukasi dan pelatihan bagi petani menjadi fokus utama, agar mereka dapat menerapkan teknik pengendalian yang sesuai dengan kondisi lahan masing-masing," ujarnya.

Imelda menegaskan, keberhasilan gerakan ini akan sangat berdampak pada produktivitas padi di wilayah tersebut. Dengan pengendalian WBC yang tepat, petani dapat meminimalisir risiko gagal panen dan memastikan hasil panen yang optimal. Hal ini akan mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banjar.

Pada kegiatan ini berjalan dengan lancar, semangat antusias dari penyampaian materi sampai penyemprotan di area sawah dengan menggunakan insektisida. (Brigade Distan Syaripuddin)


Komentar