Distan Banjar Sosialisasikan Penerapan Pupuk Hayati di Mengkaok Pengaron

MARTAPURA, InfoPublik - Guna memberikan informasi terkait pemakaian pupuk hayati dalam mendorong pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kesuburan tanah.

Dinas Pertanian Kabupaten Banjar (Distan) melalui Bidang Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian menggelar sosialisasi penerapan pupuk hayati di Desa Mengkaok Kecamatan Pengaron, Jum'at (21/6/2024).

Kepala Distan Banjar Warsita mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan pupuk hayati untuk meningkatkan kesuburan tanah dan hasil panen.

"Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para petani, mereka antusias untuk berpartisipasi dalam upaya bersama ini," ujar Warsita.

Menurut Warsita, Pupuk hayati merupakan solusi alternatif untuk mengatasi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Dalam sosialisasi ini, para petani diajarkan cara membuat dan menggunakan pupuk hayati dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar mereka.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Pertanian Imelda Rosanty menambahkan petani harus memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar mereka untuk membuat pupuk hayati.

"Sosialisasi penerapan pupuk hayati ini diharapkan dapat membantu petani di Kecamatan Pengaron untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka," harapnya.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan gerakan pengendalian hama tikus. Untuk edukasi dan sosialisasi kepada para petani tentang cara-cara efektif dalam mengendalikan hama tikus. 

Hadir juga Kepala BPTPH Propinsi Kalsel Lestari Fatria Wahyuni, Koordinator Balai beserta penyuluh Kecamatan Pengaron, Mantri Tani, Kelompok Tani Pancahan dan Kelompok Tani Bina Bersama. (Brigade Distan Syaripuddin) 


Komentar