DPMPTSP Terima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar menerima kunjungan dari Tim Verifikasi dan Validasi Lapangan Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia terkait penilaian Kinerja PTSP dan PPB Pemda tahun 2024, di Mal Pelayanan Publik Barokah Martapura, Kamis (20/6/2024).

Dalam kegiatan ini dilaksanakan Penilaian Kinerja terdiri dari Kinerja PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Kinerja PPB Pemda (Percepatan Pelaksanaan Berusaha Pemerintah Daerah) dimana untuk pengisian dilakukan secara Mandiri dan Penilaian yang diberikan oleh Pemangku Kepentingan yaitu dari Provinsi dan Organisasi Pengusaha yang dalam ini diwakili oleh HIPMI.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Banjar H Yudi Andrea menyampaikan adapun untuk penilaian Mandiri berdasarkan dokumen yang di upload pada Aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Investasi/BKPM untuk sementara Kinerja PTSP adalah 89,800 dan PPB Pemda 87,900. 

"Penilaian oleh Provinsi untuk Kinerja Pelayanan Perizinan Berusaha adalah 100 dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha adalah 93. Penilaian Organisasi Pengusaha HIPMI untuk Kriteria Tangible/Tampilan adalah 81, Kriteria Empathy/Empati adalah 81, Kriteria Reliability/Keterandalan adalah 84, Kriteria Responsiveness/Daya Tanggap adalah 81, Kriteria Assurance/Jaminan Kepastian adalah 81 dan Kriteria Total Kinerja adalah 81," terangnya.

Dijelaskan Yudi lebih dalam, secara umum hasil Penilaian Kinerja Mandiri untuk Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha Pemerintah tahun 2024 ini sangat baik. 

"Hasil penilaian tersebut berdasarkan pada dashboard Aplikasi Penilaian Kinerja Kementerian Investasi/BKPM, untuk hasil pastinya kita masih menunggu Verifikasi dan Validasi Final dari Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia yang akan berakhir 12 Juli mendatang," ujarnya.
 
Yudi Andrea berharap semoga hasil verifikasi dan validasi ini tidak jauh berbeda dengan hasil verifikasi oleh Tim Surveyor Pusat dan Kementrian Investasi/BKPM RI. Dan untuk penilaian selanjutnya agar dapat lebih baik dan dimaksimalkan lagi. 

"Kedepannya kami akan meningkatkan koordinasi dan konsultasi, baik dengan SKPD terkait, dengan Pemda dan Daerah lain maupun dengan Kementerian agar dapat menghasilkan nilai yang maksimal, dengan hasil yang maksimal sangat memungkinkan dapat menarik Investor yang akan menanamkan modalnya di Kabupaten Banjar," pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini Sekretaris DPMPTSP H. Muhammad Ikhsan beserta jajaran dan Operator Pengisian Penilaian Kinerja PTSP dan PPB Pemda tahun 2024. Adapun dari Tim Verifikasi dan Validasi Lapangan Kementerian Investasi/BKPM dan Surveyor Indonesia diwakili oleh Defin Shahrial Putera. (IP Kab. Banjar/Brigade DPMPTSP/Apri/Heldy).


Komentar