Kabupaten Banjar Akan Kembali Kedatangan Tim Verifikasi ProKlim Utama 2024 dari KLHK

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menerima surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim terkait Pelaksanaan Verifikasi Nominasi Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama di Kabupaten Banjar, Sabtu (8/6/2024)

Dalam surat yang diterima Kontributor Brigade Manis DPRKPLH tersebut Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Irawan Asaad menyampaikan apresiasinya kepada para pihak yang telah mendukung pembentukan dan pengembangan ProKlim di wilayah Kabupaten Banjar  Kalimantan Selatan  Berkenaan dengan pelaksanaan ProKlim, khususnya terkait Penghargaan Kampung Iklim Tahun 2024.

Kadis PRKPLH Akhmad Bayhaqie mengatakan registrasi lokasi ProKlim untuk penilaian Penghargaan Kampung Iklim Tahun 2024 telah ditutup pada tanggal 30 April 2024 sesuai surat Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Nomor S.36/PPI/PVAPI/PPI.5.1/B/02/2024 tanggal 12 Februari 2024 tentang Penyelenggaraan ProKlim Tahun 2024, dengan jumlah usulan sebanyak 1.856 lokasi ProKlim yang berasal dari 34 provinsi.

Menurut data yang tercatat di SRN PPI dan hasil desk review oleh Sekretariat ProKlim  Wilayah, terdapat 527 usulan lokasi nominasi ProKlim Utama dari 31 Provinsi yang memenuhi syarat untuk diverifikasi, dengan skor/nilai total usulan sebesar ≥81% dan sudah menyelesaikan pengisian data pada aplikasi SPECTRUM. 4 Lokasi Nominasi ProKlim Utama ada di Kabupaten Banjar.

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Nomor P.4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Kampung Iklim, tahapan selanjutnya adalah penilaian berdasarkan data yang telah dicatatkan oleh pengusul ProKlim dalam SRN PPI melalui kegiatan verifikasi. Verifikasi untuk lokasi nominasi ProKlim Utama akan dilakukan oleh verifikator yang berasal dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim baik melalui verifikasi offline/luring atau verifikasi online/daring. Verifikasi dijadwalkan
pada minggu III Bulan Mei sampai dengan Minggu IV Bulan Juni tahun 2024.

Sehubungan dengan pelaksanaan proses verifikasi tersebut, Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim mengharapkan kerja sama
DPRKPLH Banjar untuk mengkoordinasikan rencana pelaksanaan verifikasi ProKlim di lokasi nominasi ProKlim Utama untuk menyiapkan kelengkapan dokumen yang telah diunggah melalui SRN PPI.(IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KLH)


Komentar