DKPP Bekali Kelompok di Desa Paau Pelatihan Budidaya Papuyu dan Saos Sambal

MARTAPURA, InfoPublik - Guna mewujudkan desa mandiri pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKP) Kabupaten Banjar memberikan pelatihan pengembangan usaha kepada kelompok pertanian dan perikanan di Desa Paau Kecamatan Aranio, Kamis (6/6/2024).

Kegiatan terpadu untuk pengentasan desa rentan dan rawan pangan ini berupa pelatihan budidaya ikan papuyu di kolam terpal dan pelatihan pembuatan saos sambal.

Kepala DKPP Banjar Sipliansyah Hartani menjelaskan, kegiatan pelatihan budidaya ikan papuyu di kolam terpal kepada kelompok di Desa Paau memberikan keterampilan kepada masyarakat bagaimana cara budidaya ikan papuyu.

“Nantinya diharapkan menjadi usaha alternatif warga dalam mencukupi kebutuhan pangannya dan bisa juga menjadi usaha,” jelasnya.



Sedangkan kegiatan pembuatan saos sambal merupakan program pemanfaatan pangan lokal yang tersedia di desa tersebut. Desa Paau dikenal sebagai salah satu desa produsen cabe di Kecamatan Aranio. Kualitas cabenya cukup bagus dan panennya melimpah.

“Berdasarkan proposal yang diajukan kelompok kepada kami maka kita setujui untuk memberikan pelatihan pembuatan saos sambal,” ujarnya.

Sementara Pambakal Desa Paau Najmianor mengucapkan terima kasih atas kepedulian DKPP Banjar kepada desa yang dipimpinnya.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh DKPP Banjar hari ini akan bermanfaat bagi desa kami,” ujarnya.



Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan M. Hamdani menambahkan bahwa untuk pelatihan budidaya ikan papuyu pihaknya menyerahkan 2 unit kolam terpal bundar, bibit ikan, pakan serta peralatan dan obat-obatan.

"Sedangkan untuk kegiatan pelatihan pembuatan saos cabe juga diserahkan peralatan masak dan alat pembuatan lainnya kepada ibu-ibu PKK setempat," katanya.


Komentar