Bersama BRIN, Bappedalitbang Hitung Kebutuhan Jabatan Fungsional Data Ilmiah dan Peneliti

MARTAPURA, InfoPublik – Bappedalitbang Kabupaten Banjar melalui Bidang Litbang dan Inovasi melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pendampingan Perhitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional (JF) Analis Data Ilmiah dan Peneliti, dengan melibatkan Direktorat Pembinaan Jabatan Fungsional dan Jabatan Profesi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku Pembina Jabatan Fungsional Analis Data Ilmiah dan Peneliti. 

Mewakili Kepala Bappedalitbang, kegiatan dibuka dan dipimpin Kabid Litbang dan Inovasi  Nuri Ansyari, di aula Bauntung Martapura.Rabu (29/5/2024) pagi.

Nuri Ansyari mengatakan bahwa pendampingan ini difasilitasi oleh BRIN guna penghitungan kembali dari revisi perhitungan JF Analis Data Ilmiah dan JF Peneliti yang sebelumnya telah disampaikan oleh Pemkab Banjar ke BRIN.

“Dengan berkoordinasi bersama BRIN terkait perhitungan jabatan, maka diharapkan akan mendapatkan jumlah  perhitungan yang sesuai dengan revisi yang telah dilakukan BRIN terhadap perhitungan kita sebelumnya," ujar Nuri.

Sementara itu BRIN yang diwakili Debby Lellyana dkk,  dalam materinya memaparkan bahwa kebutuhan Jabatan Fungsional Peneliti adalah jumlah dan komposisi jabatan fungsional peneliti yang diperlukan pada organisasi penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian untuk melaksanakan tugas dan fungsi, serta mencapai rencana strategis dan indikator kinerja secara profesional dalam jangka waktu tertentu.

“Kebutuhan Jabatan Fungsional Peneliti dihitung berdasarkan beban kerja yang ditentukan dari indikator meliputi jenis bidang kepakaran dan ruang lingkup kelompok kegiatan," jelasnya.

Adapun dalam ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang, Jabatan Fungsional Analis Data Ilmiah adalah jabatan yang melaksanakan analisis data ilmiah.

Berdasarkan Peraturan LIPI Nomor. 7 Tahun 2017, Jabatan Fungsional Analis Data Ilmiah melaksanakan analisis terhadap data secara ilmiah yang meliputi Perencanaan analisis data ilmiah, Pengumpulan data, Pemeliharaan dan persiapan data, Pengolahan data, Interpretasi data dan Diseminasi data.

Acara dihadiri Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bagian Organisasi Setda Banjar, Bappedalitbang Banjar, dan BRIN  yang diwakili Debby Lellyana,Rio Yudhianto, Dewy Indah Vebriyanti.(Bappedalitbang)


Komentar