Jempol Pelanduk Layani Warga Desa Mangkauk

MARTAPURA, InfoPublik - Masyarakat desa Mangkauk kecamatan Pengaron menyambut kedatangan pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar, Selasa (28/5/2024). 

Dengan inovasi Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk)  Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Disdukcapil gencar memberikan pelayanan keliling untuk desa-desa yang jauh dari pusat pemerintahan.

Jempol Pelanduk telah memberikan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) selama dua hari dari 27-28 Mei 2024 di Kantor Desa Mangkauk.

Koordinator Jempol Pelanduk, Rishan Deny Setiawan menjelaskan dengan Jempol Pelanduk ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan. 

"Masyarakat desa Mangkauk sangat antusias sekali mengurus dokumen Kependudukannya, memang seharusnya moment seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga," ucap Rishan. 

Ditambahkannya memang tujuan utama Jempol Pelanduk bisa mempermudah serta mendekatkan pelayanan bagi masyarakat yang berada cukup jauh dari pusat kota sehingga pelayanan bisa lebih cepat dan efisien. 

"Walaupun demikian kendala di lapangan pasti selalu ada, seperti kali ini dari lepas dzuhur hingga sore hari  terjadi gangguan jaringan di Indonesia yang membuat tim jempol Pelanduk tidak bisa melanjutkan pelayanan," ungkapnya.

Menurutnya, hal ini tidak membuat petugas di lapangan patah semangat dalam memberikan pelayanan, berkas yang diterima tetap akan diproses kemudian akan diselesaikan dikemudian hari agar tidak membuat kecewa masyarakat.

"Kegiatan Jempol Pelanduk akan terus dimaksimalkan agar masyarakat yang berada jauh dari pusat kota bisa dengan mudah mengurus dokumen Kependudukannya," tutupnya. 


Komentar