DPKP Banjar Amankan Ular di Tiga Tempat Berbeda

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar mengamankan tiga ekor ular, di lokasi berbeda yaitu Desa Kayu Bawang, Martapura Timur dan Keraton, Selasa (23/4/2024).


Adapun penemuan ular cobra pertama berlokasi di Jalan Irigasi RT. 04 Desa Kayu Bawang Kecamatan Gambut. 

Ular berukuran cobra ± 1 meter tersebut ditemukan di rumah warga atas nama Rahman.



Rahman menerangkan saat itu sedang santai bersama keluarga namun ada mendengar suara gaduh di plafon rumah, dikira itu tikus saja namun saat melihat ekor ternyata ular. 

Khairuni mengatakan saat itu ia lagi bekerja di penggilingan padi namun dalam sekam tersebut ada gerakan setelah diamati barulah mengetahui ada ular disitu, kemudian setelah melihat ular sanca langsung melapor petugas DPKP Banjar.

Sedangkan yang ketiga Muhammad Ma'ruf ditemukan ular cobra ± 1,5 meter berada disamping rumah. Ma'ruf yang saat itu lagi bebersih halaman kemudian melihatlah ada ular tersebut. 

Kabid Pemadaman Penyelamatan Evakuasi dan Sapras M. Kasyaf R membenarkan ada tiga laporan masuk terkait adanya ular masuk ke dalam rumah warga.

"Betul ada tiga laporan pertama di Gambut Barat ular cobra, kedua di Martapura timur sanca dan yang ketiga berada di Keraton cobra. Kami menerjunkan petugas ke lokasi melakukan penangkapan ular tersebut," ujar Kasyaf.



Lanjutnya, berbekal alat dan kemampuan petugas berhasil mengamankan dua ular tersebut dan nantinya kita simpan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan ke kawasan yang jauh dari penduduk.

"Selain itu kita jua mengedukasi masyarakat sekitar bagaimana menangani hewan liar dan pencegahan hewan masuk ke dalam rumah," tutupnya. (IP.Kab.Banjar/BRIGADE/DPKP/PLETON2/SAY17) 


Komentar