Kelompok Wanita Tani di Gambut Antusias ikuti Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif

Gambut, InfoPublik - Kelompok Wanita Tani  RT. 002 Jl. Pematang Panjang Kecamatan Gambut Antusias ikuti  Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Banjar, Senin (22/4/2024).

Kasi Sumber Pangan Alternatif DKPP Banjar Sudarto mengatakan dalam rangka upaya pencapaian target konsumsi pangan perkapita/tahun sesuai dengan anjuran Angka Kecukupan Energi (AKE) berdasarkan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi XI Tahun 2018 sebesar 2.100 kkal/kap/hari sebagai upaya mengubah pola konsumsi masyarakat ke arah Beragam,  Bergizi,  Seimbang, Aman (B2SA)  dan mewujudkan generasi yang sehat,  aktif dan produktif.



"Kegiatan ini juga sebagai alternatif yaitu upaya penganekaragaman sumber pangan yang dapat menunjang pemenuhan gizi masyarakat.  Selain itu agar pola konsumsi masyarakat tidak tergantung pada salah satu bahan pangan (utamanya beras), dan diharapkan masyarakat lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber-sumber bahan pangan yang ada disekitar mereka yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan," jelasnya.

Sekretaris Kecamatan Gambut Ramdani yang hadir mewakili Camat Gambut menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap agar masyarakat mencoba untuk membiasakan pola konsumsi pangan tidak tergantung pada beras saja, banyak di sekitar kita sumber pangan alternatif yang bisa di konsumsi, misalnya singkong, talas, sukun, jagung, kentang dan lainnya yang bisa dijadikan pangan pengganti beras.

"Kita ingin generasi yang sehat, aktif dan produktif dan bebas dari stunting tentu dengan mengubah pola konsumsi masyarakat  ke arah beragam, bergizi,  seimbang dan aman (B2SA). Ada 6 (enam)  jenis  pangan yang harus dikonsumsi setiap manusia untuk dapat hidup dan beraktifitas baik yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air. Keenam jenis pangan ini harus seimbang dalam asupan pangan setiap harinya," imbuhnya.

Ramdani juga menambahkan kondisi geografis dan lingkungan di Pematang dimana banyak tanah/pekarangan rumah  yang bisa dimanfaatkan untuk menanam  tanaman pangan alternatif tersebut.



Sementara Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Gambut Astyana Rahayu mengatakan bahwa kegiatan diikuti sebanyak 25 peserta yang terdiri dari unsur pelaku UMKM, kader PKK dan Ibu Rumah tangga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar