DPRKPLH Gelar Sosialisasi ProKlim Komunitas Untuk Iklim 2024

Martapura, InfoPublik - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Komunitas Untuk Iklim Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2024 di Aula DPRKPLH, Rabu (6/3/2024).

Kegiatan Sosialisasi ini didasari dari Surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor.S.36/PPI/PVAPI/PPI.5.1/B/02/2024 Tanggal 12 Februari 2024 perihal Penyelenggaraan ProKlim Tahun 2024

Kepala Dinas DPRKPLH diwakili Kepala Bidang P2KLH Aina menyampaikan tentang capaian yang sudah raih Kabupaten Banjar Tahun 2023  sebanyak 28 lokasi Kampung Iklim 1 Desa Predikat ProKlim  Lestari 1 Desa Predikat ProKlim Utama Trophy 19  Desa Predikat ProKlim Utama Sertifikat 5 Desa Predikat ProKlim Madya dan 2  Desa Predikat ProKlim  Pratama.

"Kegiatan Sosialisasi Proklim dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi mitigasi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK," jelas Kabid P2KLH.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan Sosialisasi Proklim 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak atau resiko bencana lingkungan akibat perubahan iklim, sebagaimana dituangkan pada ketentuan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 084 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim.

Setelah susunan acara selesai dilaksanakan untuk mengambil berkah dari kegiatan tersebut ditutup dengan pembacaan Do'a oleh Sekretaris Yayasan Jalsatul Ahbab Martapura yang diketuai oleh Ust. Muhammad Sa'id Mukromi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Narasumber dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Kalimantan, Kepala Bidang P2KLH DPRKPLH Banjar Nur Aina, Staf KSDAPLH, 5 perwakilan Kecamatan 17 Desa serta  beberapa undangan lainnya. (IP Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/Muhib/P2KL)


Komentar