Puluhan Pengurus Bank Sampah Ikuti Pelatihan dan Penguatan Sumber Daya

Martapura, InfoPublik - PT. Tanjung Alam Jaya (PT TAJ) bersama Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar yang dimotori bidang Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) melalui Bank Sampah Sekumpul mengadakan acara Pelatihan Manajemen dan Penguatan Sumber Daya  Bank Sampah se-Kabupaten Banjar yang dilaksanakan di Aula MTsN 6 Banjar, Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Senin (5/2/2024).

 

Kadis DPRKPLH Banjar diwakili Plt. Sekdis H. Gusti Rendy Firmansyah menyampaikan kegiatan pengelolaan sampah memang perlu dukungan seluruh pihak, terlebih pelaku usaha industri pertambangan.

 

"Gerakan pengelolaan sampah diwajibkan Bupati Banjar, industri pertambangan ikut andil dalam pengelolaan sampah, seperti Tempat Pemrosesan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dan Bank Sampah,"  ucap Rendy.

 

Rendy menambahkan pola pikir, yang mana sampah itu dibuang, dapat dirubah menjadi sesuatu yang harus dicari karena bernilai ekonomis.

 

"Dengan adanya kegiatan ini, harapannya masyarakat dapat merubah pola pikir dari membuang sampah menjadi memanfaatkan sampah," tambahnya.

 

Manajemen PT Tanjung Alam Jaya M. Ridho Rasyid mengatakan melalui pelatihan tersebut, pengelolaan sampah di Kabupaten Banjar tersistematis dengan baik. 

 

"Diharapkan peserta menjadi agensi yang membawa motivasi untuk masyarakat luar," katannya.

 

Camat Martapura Fahriannor menambahkan kegiatan ini, sangat penting agar dapat memberikan dukungan dan wawasan para peserta pelatihan.

 

Kalau tidak di tunjang fasilitas yang baik maka bank sampah tidak akan berjalan dengan baik, Harapan kami agar kegiatan ini bisa berdampak positif untuk masyarakat Kabupaten Banjar.

 

Pelatihan Manajemen dan Penguatan Sumber Daya Bank Sampah se-Kabupaten Banjar dilaksanakan hingga tiga (3) kedepan sampai Rabu (7/2) diikuti 35 peserta dari 17 pengurus Bank Sampah. (MC Kab. Banjar/Brigade DPRKPLH/MUHIBP2KL/SYAMPSLB3/Prs)


Komentar