Masuki Musim Hujan, Kodim Banjar Gelar Karya Bakti Pembersihan Lingkungan Pasar

Martapura, InfoPublik - Memasuki musim penghujan, Kodim 1006/Banjar gelar kegiatan Karya Bakti yang tidak hanya melibatkan unsur TNI namun juga Polres Banjar, Perumda Pasar Bauntung Batuah dan masyarakat.

Dikatakan Komandan Kodim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring mengatakan kegiatan membersihkan selokan, membersihkan pasar hingga penanaman pohon di siring sungai ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir yang mengancam daerah Martapura saat memasuki musim hujan.

"Kegiatan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, kami yang terdiri dari 2 pemerintah daerah juga melakukan tidak hanya di Martapura saja, kami melakukannya serentak di seluruh koramil yang ada di Banjarbaru dan Kabupaten Banjar," ucap Dandim, Jumat (8/12/2023) pagi.



Kegiatan bersih-bersih untuk mengurangi sampah dan memperlancar aliran air juga dilakukan di Pasar Bauntung Batuah.

Direktur Perumda Pasar Bauntung Batuah Rusdiansyah mengatakan, kegiatan ini dapat membantu mengurangi genangan air akibat drainase yang tersumbat sampah, bahkan genangan airnya sampai masuk ke dalam pasar.

"Kami berterima kasih atas kegiatan ini karena manfaatnya yang sangat luar biasa bagi drainase-drainase terutama yang ada di dalam pasar. Apalagi sekarang sudah musim penghujan, kita memang mengkhawatirkan terjadinya genangan air dimana-mana apalagi di lingkungan pasar," ujar Rusdiansyah.

Selain membersihkan drainase untuk mengurangi adanya genangan air sebagai tempat berkembang biak nyamuk yang menjadi penyebab utama meningkatnya penyakit demam berdarah, kegiatan penanaman pohon juga dilakukan di siring sungai Desa Murung Kenanga sebagai penahan debit air. 



Kepala Desa Murung Kenanga Hifzil Khair, menghaturkan rasa terima kasihnya atas kegiatan yang bermanfaat bagi wilayahnya, terlebih Desa Murung Kenanga yang menjadi langganan banjir setiap memasuki musim penghujan.

"Memang di desa kami langganan banjir setiap tahunnya, kami berterima kasih adanya dengan adanya kegiatan ini desa kami jadi semakin hijau dan asri. Apalagi ini musim hujan, semoga pohon yang ditanam bisa menahan debit air untuk mengurangi banjir disini," pungkasnya. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar