Petugas Lapas Narkotika Karang Intan Komitmen Berikan Service Excellent
Martapura, InfoPublik - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Komitmen tersebut diwujudkan dengan digelarnya pelatihan service excellent bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Banjarmasin dan Kantor Cabang Martapura, di Aula Ruang Kunjungan Lapas, Selasa (28/11/2023).
Kepala Lapas, Wahyu Susetyo sampaikan terima kasihnya atas kehadiran petugas dari BRI untuk melatih jajarannya. Pelatihan ini lanjutnya sebagai upaya dukungan guna mensukseskan pembangunan zona integritas menuju satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang terus digaungkan Lapas Narkotika Karang Intan.
Wahyu meminta agar seluruh petugas yang ikut pelatihan bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sehingga mendapatkan manfaat yang baik untuk diri dan organisasi.
“ Simak dan perhatikan semua hal yang disampaikan pemateri mengenai service excellent dan kegunaannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari agar lebih professional,” pinta Wahyu.
Materi service excellent disampaikan oleh expert dari BRI Kantor Wilayah Banjarmasin, Hamidah. Ia memaparkan berbagai hal mengenai service excellent, mengapa service excellent perlu dilakukan dan komponen apa saja yang terlibat dalam upaya mewujudkan service excellent.
“ Service excellent merupakan pelayanan yang memuaskan. Suatu upaya dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan agar mampu menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Bukanlah pelayanan yang mewah, sebaliknya definisi ini justru sederhana, yaitu secara konsisten memberikan pelayanan yang sesuai bahkan melebihi ekspektasi pengguna layanan,” urai pemateri.
Layanan yang diberikan kepada setiap pelanggan harus memenuhi empat pilar utama yakni semua pekerja adalah pemberi layanan yang harus menampilkan sikap dan keahlian yang dibutuhkan. Infrastruktur layanan tersedia dengan baik misalnya area parkir, loby, ruang tunggu, dan lainnya. Juga proses layanan yang cepat aman dan akurat serta prosedur yang fleksibel dan berguna sesuai yang dibutuhkan pengguna layanan.
Petugas layanan juga harus mampu memberikan kesan pertama yang baik, mulai dari ekspresi wajah menunjukkan keterbukaan terhadap orang lain, memperhatikan penampilan diri, waspada terhadap bahasa tubuh yang juga akan menimbulkan kesan baik atau buruk tentang diri, serta menghargai komitmen waktu dengan baik. (Media Center Banjar/Arb/Ysf/Man)