Sukses Terapkan Pasar Tertib Ukur, Kabupaten Banjar Kembali Raih Penghargaan Nasional Ketujuh Kalinya

Jawa Barat, InfoPublik - Kabupaten Banjar kembali menoreh prestasi di tingkat nasional, kali ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) berhasil mendapatkan Penghargaan  Perlindungan Konsumen Tahun 2023 untuk Kategori Pasar Tertib Ukur.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan diterima Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar Kencana Wati mewakili Bupati Banjar pada Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen di Grand Central Hotel Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/11/2023) siang. 



Penganugerahan ini merupakan yang ketujuh kalinya diterima Kabupaten Banjar yang diberikan Kementerian Perdagangan RI untuk Kabupaten/ Kota yang mampu meningkatkan citra daerah melalui komitmen tinggi dalam melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha. Pasar Niaga Martapura Kabupaten Banjar telah berhasil menjadi percontohan tingkat nasional di kegiatan ini. Saat ini ada 13 Pasar Tertib Ukur di Kabupaten Banjar. 

Kepala DKUMPP Banjar Kencana Wati mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan dan ini adalah hasil kolaborasi yang MANIS antara pemerintah daerah dalam hal ini DKUMPP dan OPD terkait, Perumda Pasar Bauntung Batuah, kecamatan dan desa sehingga tahun ini Kabupaten Banjar kembali mendapatkan penghargaan Kategori Pasar Tertib Ukur.  

"Penghargaan ini juga merepresentasikan nilai-nilai agamis sebagai salah satu upaya mewujudkan visi kepala daerah yaitu menjadikan Kabupaten Banjar yang agamis, dimana pedagang dalam melakukan muamalah menjunjung tinggi nilai - nilai kejujuran dalam transaksi perdagangan dan konsumen tenang karena hak nya dalam takaran dan timbangan tidak di kurangi," ungkap Kencana.
 

Kencana menambahkan bahwa pihaknya menargetkan di tahun mendatang Kabupaten Banjar bisa meraih predikat Daerah Tertib Ukur karena merupakan predikat tertinggi dalam ajang Penghargaan Perlindungan Konsumen dan dirinya optimis bisa mempersembahkannya bagi Kabupaten Banjar. (Media Center Banjar/Pepen/Man)


Komentar