Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Kebakaran di Desa Murung Keraton

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar bersama Babinsa Koramil 1006-06/Martapura melaksanakan Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Musibah Kebakaran kepada warga desa Murung Keraton, di aula Kelurahan setempat, Martapura, Senin (11/9/2023).

Kepala Bidang Pencegahan DPKP Banjar Eddy Elminsyah Jaya mengatakan perlunya diberikan sosialisasi dan edukasi guna mencegah  kebakaran Hutan dan lahan, serta pemukiman perumahan warga yang padat penduduk dan dapat membahayakan terjadinya kebakaran.

"Di Kelurahan Murung Keraton tepat sekali disampaikan pencegahan kebakaran, melihat rumah berdempetan hampir setiap jalan atau gang itu terlihat rumah sangat berdekatan, rawan sekali bila terjadi kebakaran pasti satu sama lain terdampak," terang Eddy.



Ditambahkan Eddy, terkait Karhutla sekarang banyak lahan yang terbakar di wilayah kita khususnya Kabupaten Banjar. Bagi warga yang punya lahan, keluarganya juga diingatkan agar tidak perlu membakar untuk membuka lahan perkebunan ada hukum sangsinya.

"Kita sama - sama menjaga lingkungan agar terjaga dari kebakaran, laporkan segera bila ada musibah kebakaran sehingga cepat ditangani," ucapnya.

Sementara itu Lurah Murung Keraton Ahmad R. menyampaikan kegiatan sosialisasi dan edukasi sangat perlu disampaikan. Memang benar perumahan warga sangat berdempetan apalagi jalan gang juga sempit tapi mereka tetap selalu waspada dan saling mengingatkan kalau musim kemarau panas rawan kebakaran.

"Sekali lagi kami sangat berterima Kasih kepada pemerintah melalui DPKP Kabupaten Banjar terkait sosialisasi dan edukasi pencegahan kebakaran, semoga ini bermanfaat bagi warga pentingnya waspada kebakaran," ungkapnya.



Serda Rahmad Doni Babinsa Kelurahan Murung Keraton Koramil 1006-06/Mtp
juga mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk  lebih peduli  terhadap alam dan lingkungan sekitar serta senantiasa menjaga kelestarian hutan.

"Kabut asap dimana - mana, tetap jaga kesehatan, penyakit' ISPA sangat banyak dialami oleh warga, ada gejala Batuk dan flu segera periksa ke Puskesmas jangan dibiarkan bahaya bagi kesehatan," pintanya.



Selain itu, Rahmad Doni juga mengingatkan bukan Karhutla di pemukiman juga kita selalu waspada menjaga agar tidak terjadi kebakaran, selalu mengingatkan satu sama lain perlunya menjaga keamanan lingkungan terhindar musibah Kebakaran. (Media Center Banjar/Daus/Man)


Komentar