Tingkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Inspektorat Banjar Gelar In House Training

Martapura, InfoPublik - Inspektorat Daerah Kabupaten Banjar, melaksanakan kegiatan in house training (consulting) Optimalisasi Katalog lokal untuk meningkatkan penggunaan PDN, di aula kantornya, Martapura, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Inspektur Pembantu Wilayah IV Maria Ulfah dihadiri PPK dan PPTK dimasing-masing SKPD dari Dinas Pendidikan, DKUMPP, Dinas Kesehatan, Disnaker, DKISP, Dinas Pertanian, DPRKPLH, BPKPAD, DPMD, dan RSUD Raza dengan menghadirkan narasumber dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Banjar Samsul Ramli.

Menurut Maria Ulfah, kegiatan in-house training ini merupakan langkah strategis dalam mendukung produk dalam negeri dan penguatan ekonomi lokal. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan PDN dan optimalisasi katalog lokal.

"Peserta juga diberikan wawasan tentang pentingnya kerjasama dengan para pemangku kepentingan lainnya, termasuk pelaku bisnis lokal dan organisasi industri, untuk menciptakan ekosistem yang mendukung penggunaan PDN dan perkembangan produk dalam negeri," ujarnya.

Samsul Ramli memberikan pandangan mendalam tentang pengadaan produk dalam negeri dan peran penting katalog lokal dalam proses tersebut. 

Diterangkannya, pengadaan produk dalam negeri adalah salah satu cara yang efektif untuk mendukung perekonomian lokal. Dengan katalog lokal yang kuat, dapat meningkatkan daya saing produk lokal.

"Kegiatan in-house training ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan mendorong partisipasi aktif dalam memajukan perekonomian lokal. Langkah-langkah ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat serta para pelaku usaha lokal," pungkasnya. (IP Kab. Banjar/Brigade Inspektorat)


Komentar