Tingkatkan Efektivitas Pelayanan, Dinkes Banjar Gelar Rakor Pokjanal Posyandu

Kertak Hanyar, InfoPublik - Menjadi platform untuk berdiskusi, berbagi pengalaman dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan Posyandu di Kabupaten Banjar.

 

Hal tersebut diungkapkan Sekda Banjar HM Hilman saat membuka Rakor Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar di Hotel Treepark, Kecamatan Kertak Hanyar Selasa (29/8/2023) pagi.

 


Kolaborasi yang kuat dan kesadaran bersama dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, menyeluruh dan berkelanjutan bagi masyarakat. Ia berharap pembinaan terhadap Posyandu bisa lebih baik dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pelayanan terpadu hingga ke tingkat desa yang melayani semua usia dari balita hingga lansia,” terang Hilman.

 

Selain itu Hilman menuturkan, Posyandu juga berperan dalam menurunkan prevalensi stunting dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat di Posyandu.

 


Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Banjar dr Widya Wiri Utami menambahkan, Rakor ini melibatkan Pokjanal dari tingkat kabupaten dan kecamatan yang terdiri dari perangkat daerah terkait, semua camat, Kepala Puskesmas dan Kader TP PKK.

 

” Rakor ini diikuti 50 peserta di antaranya dari Bappedalitbang, Dinsos P3AP2KB, Dinas Pendidikan, Diskominfo, UPT Puskesmas serta Kemenag,” katanya.

 


Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas selaku Narasumber mengharapkan akan pentingnya keberadaan Posyandu dalam penekanan angka Stunting di Kabupaten Banjar.

 

“Hal ini kami sebagai Ketua TP PKK akan terus bergerak Bupati Banjar, dimana PKK sebagai mitra kerja nantinya akan mengaktifkan kembali Posyandu-posyandu di desa, sebenarnya tetap berjalan tapi kami akan mengintensifkan sehingga penurunan stunting di Kabupaten Banjar lebih maksimal,” tutur Nurgita.

 


Selain Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Narasumber kegiatan ini dari Bappedalitbang terkait perencanaan penganggaran Posyandu, Camat Sambung Makmur, Dinas Kesehatan dan PMD. (Media Center Banjar/Faidillah/Man)


Komentar