Empat Siswa Banjar Bersaing Pada Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Kalsel

Martapura, InfoPublik - Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Provinsi yang pada Tahun 2023  dengan tema "Safety Transport For Indonesia’s Future" diselenggarakan pada 14-16 Agustus 2023 di Hotel Roditha Banjarmasin. 

Kegiatan ini diikuti oleh 26 orang peserta dari 9 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan antara lain Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Kotabaru. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan ada 4 (empat) pelajar SMA mewakili Kabupaten Banjar.

"Mereka sangat semangat dan antusias tinggi mereka membuat inovasi dalam keselamatan lalu lintas yang dituangkan dalam Karya Tulis Ilmiah (KTI)," ujar Nyoman, Senin (14/8/2023).

Sebelumnya dikatakan Nyoman mereka dilakukan seleksi dan terpilihlah 4 pelajar yakni Muhammad Nahdi Nadori dari SMAN 1 Martapura, Shilvy Sya’bania dari SMAN 1 Karang Intan, Dinda Nurita dari SMAN 1 Mataraman dan dan Muhammad Ilmi dari SMAN 1 Karang Intan.

Adapun hasil inovasi yang mereka olah yaitu :

Muhammad Nahdi Nadori memiliki inovasi “PROTOTIPE BLINSBIJAC (BLINKER SYSTEM BIKE JACKET) INOVASI KESELAMATAN JALAN DI INDONESIA”  suatu inovasi berupa jaket dilengkapi lampu yang dapat membantu masyarakat dalam hal keselamatan bersepeda terutama pada malam hari dan memberikan rasa aman pada saat bermanuver berbelok.

Inovasi dari Shilvy Sya’bania ialah “ANGIN KENDARA Alarm Pengingat Kecepatan Berkendara”. ANGIN KENDARA dibuat dengan merangkai beberapa komponen alat, yaitu sensor infrared, arduino nano, dan buzzer. Setelah semua komponen ANGIN KENDARA dirakit, selanjutnya dimasukkan program kedalam Arduino nano dengan  aplikasi Arduino ide. Di dalam program tersebut dimasukkan data maksimal kecepatan yang dikehendaki. Prinsip kerja alat ini  kecepatan putaran roda akan terbaca lewat pancaran infrared, kecepatan putaran ini akan dikirim ke Arduino nano dan jika kecepatan putaran roda terbaca melewati batas data kecepatan maksimal yang diisikan dalam program, maka Arduino nano akan mengirim sinyal ke buzzer sehingga buzzer ini akan berbunyi sebagai alarm.

Inovasi dari Dinda Nurita ialah “PENINGKATAN KESELAMATAN PEJALAN KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INOVASI TRAFFIC LIGHTS ON THE GROUND DI WILAYAH KALIMANTAN SELATAN”. Traffic Lights on The Ground ini disematkan di trotoar untuk memastikan pengguna jalan merasakan perubahan sinyal lalu lintas walaupun mereka tidak melihat ke atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data melalui referensi tertulis.

Inovasi dari Muhammad Ilmi ialah “DITEKTOR PENYEBERANG JALAN OTOMATIS SEBAGAI ALAT PENUNJANG KESELAMATAN PENGENDARA SAAT MENYEBERANG”. Smart Rambu atau ditektor penyeberang jalan merupakan rambu – rambu otomatis yang dikendalikan oleh sensor Ultrasonic dengan bantuan Arduino. Digunakan untuk memberikan informasi mengenai lokasi fasilitas penyeberang atau masuk keluarnya suatu kendaraan di pintu gerbang seperti sekolah, perkantoran maupun gerbang komplek. Bahan bahan untuk membuat smart rambu ini antara lain; Arduino Nano, HC – SR04 Ultrasonic, Relay 2 Channel 5V, Lampu 220 dari PLN. Setelah perakitan komponen lalu diisi program menggunakan Aplikasi Arduino Ide.
Ketika pengujian mendapatkan hasil bahwa proses verifikasi sudah sesuai dengan rancangan. Dan semua komponen berfungsi dengan baik  sensor bekerja secara menyebar dengan jarak maksimal 3 meter dan delay waktu selama 50 detik. Hal menunjukkan bahwa ketika ada objek melintas maka lampu akan menyala. ketika ada objek yang terkena pancaran gelombang ultrasonic sensor akan mengeluarkan bunyi denyut beberapa kali menandakan bahwa sensor bekerja dengan baik dan lampu pada rangkaian alat Smart Rambu menyala.

Lebih lanjut, Nyoman berharap semoga inovasi-inovasi putra putri kebanggaan Kabupaten Banjar dalam Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Provinsi Tahun 2023 memperoleh juara dan bisa mejadi wakil dari Kalimantan Selatan dalam pemilihan tingkat nasional di Jakarta.(Kab.Banjar/Bridade/DISHUB/Wulan)


Komentar