Kecamatan Gambut Ikuti Desk Pelaksanaan CMSP

Martapura, InfoPublik - Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) laksanakan Desk Pelaksanaan Cash Management System Pemda (CMSP) di Aula Bidang Perbendaharaan Lantai 3 BPKPAD Kabupaten Banjar.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut bimbingan teknis penggunaan CMSP SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar. Perlu persiapan lebih lanjut maka dilaksanakan Desk CMSP ini.

Pelaksanaan ini dibagi menjadi 3 season pelaksanaan dan Kecamatan Gambut mengikuti kesempatan ketiga bersama BKPSDM, Dispersip, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, RSUD Ratu Zalecha, Kecamatan Simpang Empat, Aranio, Sambung Makmur, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Pengaron dan Kelurahan Mandarsari, Jum'at, (11/8/2023).

Sebagai narasumber hadir Bendahara Pengeluaran BPKPAD Kabupaten Banjar Khairil Anwar dan Staff Bagian Akutansi Isro Mulah.

Menurut Khairil Anwar sebelum pengaktifan CMSP (18/8/2023) mendatang setiap SKPD dan Kecamatan bisa menyelesaikan beberapa permasalahan.

"Permasalahan tersebut adalah ada pajak yang belum diinput dan ada Kecamatan/ Kelurahan yang bertransaksi masih menggunakan SI dan semua transaksi sudah di SPJ GU-kan," ujar Khairil.

Dijelaskannya, Pada tanggal 18/08/2023 pajak harus nol atau tidak ada lagi pajak terhutang. Dalam penggunaan CMSP lebih dahulu dalam FMIS Simda diisi seperti biasa pada Bukti GU, bila sudah difinalkan akan muncul pada CMSP.

"Untuk sementara yang bisa ditransaksikan melalui CMSP adalah transaksi sesama Bank Kalsel dan transaksi ada pajak pusatnya," ucapnya.

Hal yang perlu diperhatikan diungkapkan Khairil adalah kehati-hatian dalam menginput data belanja, karena bila sudah dicairkan tidak bisa dirubah datanya. Dan sebelum mengirim pajak harus sudah disiapkan id billing pajaknya.

"Dengan menggunakan CMSP tidak akan terjadi dua kali input belanja. Pajaknya akan terbayar secara otomatis di FMIS Simda dan akan muncul NTPN-nya," terangnya.

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Bidang perbendaharaan Meutia Irawahdini berharap semoga kegiatan kita mendapat berkah dari Allah SWT dan berpesan pada peserta agar sering berkomunikasi agar mempermudah dalam memahami dan melaksanakan tugas.

Bendahara Pengeluaran kecamatan Gambut Hairudin didampingi Operator Kecamatan Alfian Hidayat menyatakan akan memperhatikan pesan yang disampaikan dan bersemangat untuk bisa memahami agar tugas yang diemban berjalan sebagaimana mestinya.

"Semoga aplikasi CMSP ini kedepannya bisa ditambah fitur lainnya sebagai mana CMS IBB yang telah lama ini digunakan dan penatausahaan di kecamatan Gambut bisa menjadi lebih baik lagi," tutup Alfian. (IP. Kab. Banjar/ Brigade Gambut/ Hairudin).


Komentar