Bangkitkan Minat Masyarakat, PORTINA Banjar Gelar Sosialisasi Olahraga Tradisional

Martapura, InfoPublik - Dalam rangka melestarikan dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran masyarakat, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kabupaten Banjar menggelar Sosialisasi Olahraga Tradisional di Guest House Martapura, Selasa (1/8/2023).

Ketua PORTINA Kabupaten Banjar Akhmad Rizani Ansari mengatakan olahraga tradisional merupakan permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa yang memiliki unsur olah fisik tradisional.



"Permainan rakyat yang berkembang cukup lama ini perlu dilestarikan karena selain sebagai olahraga hiburan kesenangan dan kebutuhan interaksi sosial, olahraga ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas jasmani bagi pelakunya," ujar Rizani.

Menurut Riza kegiatan sosialisasi sebuah program yang ditunjukkan untuk dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta dapat menyebarluaskan olahraga tradisional.

Melalui kegiatan ini Riza berharap dapat membangkitkan daya minat masyarakat terhadap olahraga khususnya olahraga tradisional demi mewujudkan Kabupaten Banjar yang Maju Mandiri dan Agamis.

"Dengan mengusung tema "melestarikan olahraga tradisional kita tingkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat Kabupaten Banjar yang berbudaya Maju Mandiri dan Agamis" dapat membangkitkan motivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran serta melestarikan olahraga tradisional," ungkapnya.



Sementara Sektretaris PORTINA Banjar Gusti Muhammad Syahrizal menambahkan sosialisasi ini bertujuan yaitu melestarikan olahraga tradisional serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat melalui olahraga tradisional.

"Peserta kegiatan ini sebanyak 50 orang yang terdiri dari guru olahraga di SDN dan SMPN kecamatan Simpang Empat, kecamatan Cintapuri Darussalam dan sekitarnya, yang dilaksanakan selama tiga hari," terangnya.

Tak lupa juga Gusti Rizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar serta rekan-rekan Portina yang telah membantu penyelenggaraan ini.

"Mari ikuti kegiatan ini dengan baik sehingga para peserta dapat memetik manfaat," tutupnya.



Adapun Narasumber Plt. Disbudporapar Kab. Banjar H Irwan Jaya yang menyampaikan materi kebijakan pemerintah, sementara pemateri kedua Wakil Ketua PORTINA Banjar H Kun Nasrullah. (Media Center Banjar/GMS/Man)


Komentar