Damkar Banjar Gelar Rakor Inspeksi dan MKKG 2023

Martapura, InfoPublik - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan (DPKP) Kabupaten Banjar kembali gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Inspeksi dan Penerapan Manajemen Kebakaran Keselamatan Gedung (MKKG) bagi Perusahaan se-Kabupaten Banjar di Aston Banua Hotel kecamatan Gambut, Kamis (6/7/2023).

Adapun Rakor kali ini disampaikan hasil-hasil inspeksi terhadap Alat dan Sarana Proteksi Kebakaran Gedung sepanjang Tahun 2023 yang telah dilaksanakan semester ini.



Kepala Bidang Pencegahan Eddy Elminsyah Jaya mewakili Kepala DPKP Banjar mengatakan kegiatan ini merupakan hasil inspeksi yang menjadi dasar dalam memetakan dan memitigasi sejauh mana bangunan gedung di Kab. Banjar sudah terproteksi kebakaran.

"Kami sudah inspeksi dan sosialisasi betapa pentingnya proteksi kebakaran ke berbagai sektor usaha di Kabupaten Banjar. Harapan kita bersama, semoga Kabupaten Banjar menjadi model atau pionir dalam proteksi kebakaran kota dan penerapan MKKG sesuai dengan visi misi Bupati Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis)" terang Eddy.

Kasi Inspeksi M. Dimyati menambahkan perusahaan yang kami undang ini berasal dari berbagai sektor usaha baik Rumah sakit, hotel, perbankan, perkebunan,  pertambangan, pergudangan, showroom dan bengkel, perusahaan transportasi (Trans Banjarbakula dan Damri)  dan lain-lain.



"Alhamdulillah acara  berjalan dengan lancar," ucap Dimyati.

Sementara itu pada kegiatan ini juga disosialisasikan mengenai Penerapan Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung , Penggunaan Apar dan implementasi Perbup Banjar Nomor 72 Tahun 2022 oleh Tim Instruktur DPKP Banjar Rizky Ananda, Tanjung dan H.Sofyan.

Sebagai narasumber juga praktisi Proteksi Kebakaran Johny menerangkan mengenai Fire Alarm berbasis Internet of Thing dan Praktisi K3-Environment. 

Sedangkan Salva selaku narasumber menjelaskan mengenai Penyediaan personel K3/facility service Bangunan Gedung yang Handal dan Profesional.



Kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari Perusahaan-perusahaan pemilik bangunan gedung di Kabupaten Banjar. Acara ini diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Laik Proteksi Kebakaran kepada CV.Cintapuri Pratama yang bergerak di bidang Usaha Pertambangan.(Media Center Banjar/E2J/Man)


Komentar