Langkah Strategis Kendalikan Inflasi, 1.600 Bibit Cabai Siap Dibagikan

Martapura, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Banjar bersama TNI, Polri dan Stakeholder terus berupaya melakukan langkah-langkah strategis guna menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan dan keterjangkauan harga.

Hal tersebut dikatakan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat menjadi Pembina Apel Kerja Gabungan Lingkup Pemkab Banjar, di kantor Setda Banjar, Martapura, Senin (3/7/2023).



"Inflasi di Kalimantan Selatan masih diatas target nasional, termasuk di Kabupaten Banjar. Oleh sebab itu Pemkab Banjar bersama TNI, Polri dan stakeholder terkait telah melakukan langkah-langkah strategis," ucap Saidi Mansyur.

Menurut Saidi, salah satu langkah strategis yang akan kami laksanakan adalah Pencanangan Gerakan Menanam dengan memberikan bibit tanaman cepat panen berupa cabai merah kepada masyarakat sebanyak 1.600 bibit.

Ia berharap gerakan ini dapat meningkatkan suplai pangan dan membantu mengendalikan harga pangan, terutama komoditas cabai merah yang menjadi penyumbang inflasi di daerah kita.

Saidi Mansyur menjelaskan tidak hanya itu Pemerintah Kabupaten Banjar juga melanjutkan Program Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju, Mandiri dan Agamis (KURMA MANIS) pada tahun ini.



"Program KURMA MANIS memberikan pinjaman tanpa bunga dan biaya administrasi kepada masyarakat pelaku usaha di berbagai sektor, seperti pertanian, perikanan, peternakan, perdagangan, industri kecil dan usaha lainnya. Pada tahun ini, kami telah mengalokasikan dana sebesar Rp 4,5 Milyar untuk mendukung program ini," jelas Saidi.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Program KURMA MANIS,termasuk direksi dan jajaran PT BPR Martapura Banjar Sejahtera sebagai Bank Pelaksana Program ini.



Selain itu Saidi Mansyur juga melepas secara resmi kontingen Pramuka Kwarcab Banjar sebanyak 45 anggota Pramuka Penggalang putra dan putri yang akan mengikuti perkemahan bakti sosial yaitu Kemah Bela Negara Tingkat Nasional 8-16 Juli 2023 di Kiram, Kabupaten Banjar. (Media Center Banjar/Faidillah/Agusoke)


Komentar